CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 22 Desember 2015 22:00

Jangan sombong, Cook! Facebook bayar pajak lebih banyak daripada Apple

Penyebab tagihan pajak Facebook sangat tinggi ialah karena sebagian besar keuntungannya tak disembunyikan di luar negeri, layaknya Apple.

Jangan sombong, Cook! Facebook bayar pajak lebih banyak daripada Apple

Techno.id - Tim Cook boleh menangkis tudingan bahwa Apple Inc. melarikan diri dari tanggung jawab pajaknya. Saat diwawancara oleh CBSnews.com (18/12/15) beberapa waktu lalu, misalnya, ia merespons tuduhan itu dengan, "Kami membayar pajak lebih banyak untuk negara ini melebihi siapa pun."

Namun faktanya tak demikian. Berdasarkan analisis dari situs riset finansial, WalletHub, sejumlah perusahaan teknologi di Amerika Serikat diketahui membayar tarif pajak lebih rendah dari 35 persen. Bahkan, persentase pajak yang mereka bayarkan berada di bawah 28,6 persen, yakni rerata tarif pajak dari 100 perusahaan terbesar S&P.

Tak tanggung-tanggung, yang terpampang di daftar berdasarkan tahun fiskal 2014 itu ialah para raksasa sekelas Microsoft, Google, termasuk Apple. Data selengkapnya tersaji di grafis berikut:

Berbeda dengan yang lain, tarif pajak Facebook tercatat mencapai lebih dari 40 persen. Hal ini disebabkan karena Facebook tak menyimpan sebagian besar uangnya di luar negeri. Di samping itu, media sosial terpopuler sedunia itu juga membayar stafnya dengan opsi saham.

Salah satu cara yang kerap dilakukan perusahaan teknologi ternama untuk mengurangi tagihan pajaknya ialah dengan memindahkan profit mereka ke luar negeri. Sebab di luar AS, tarif pajak internasional lebih rendah.

Apple sendiri, menurut CEO-nya, memiliki 2/3 bisnis di luar AS. Mereka enggan memindahkan bisnisnya ke AS karena bakal menelan pembengkakan biaya hingga 40 persen. Di samping itu, Cook menilai aturan pajak di Negeri Paman Sam juga sudah kuno, sehingga harus direvisi menyesuaikan era digital seperti sekarang.

WHAT TO READ NEXT ?