Intel dan Micron pamerkan memori Optane, apa itu?

Intel dan Micron pamerkan memori Optane, apa itu?

Techno.id - Intel dan Micron baru saja memamerkan teknologi media penyimpanan data baru yang diklaim dapat meningkatkan performa MacBook hingga 1.000 kali lebih cepat. Mengutip laman Macworld (11/03), teknologi ini dinamakan Optane.

Intel dan Micron pamerkan memori Optane, apa itu?

Ilustrasi memori Optane
2016 Macworld

Jadi, mengapa MacBook? Disebutkan, Optane sangat kompatibel dengan protokol penyimpanan berbasis NVMe milik Apple. Artinya jika Apple mau beralih, proses transisi antar MacBook dan Optane bakal mudah dan cepat.

Apple sendiri mulai mendukung NVMe (Non-Volatile Memory Express) sejak merilis MacBook 12 inci. Sementara angka 1.000 kali lebih cepat itu didapat saat dibandingkan dengan flash konvensional berteknologi 3D Xpoint.

Menurut sejumlah informasi, Intel dan Micron telah menargetkan diri untuk mulai memproduksi massal dan menjual Optane per akhir tahun ini. Sayangnya, kesempatan ini masih belum dikonfirmasi langsung oleh pihak Apple.

Apakah teknologi memori ultra cepat seperti Optane benar-benar memiliki performa 1.000 kali lebih cepat? Jawabannya adalah bisa saja, mengingat sampai saat ini tidak ada satupun produsen yang pernah menentang protokol NVMe.

(brl/red)