Inilah mengapa Anda harus menjaga kerahasiaan password email

Inilah mengapa Anda harus menjaga kerahasiaan password email

Techno.id - Masyarakat modern tak bisa lepas dari peranan smartphone. Bagaimana tidak, smartphone memiliki andil dalam kehidupan sehari-hari seperti, berkomunikasi, atau bahkan dalam bekerja.

Syarat utama untuk menggunakan smartphone adalah memiliki email. Email tersebut lah yang akan memberikan akses pada penggunanya untuk mengunduh aplikasi yang dibutuhkannya, atau keperluan lain yang masih berhubungan dengan dunia internet.

Bicara soal online, selain menggunakan paket data, banyak pengguna yang lebih memilih untuk mengandalkan Wi-Fi sebagai sumber konektifitas. Namun justru hal inilah yang jadi rentan terhadap pembajakan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kejahatan yang terjadi di dunia maya pun makin beragam. Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Rabu (20/01/16) lalu, para hacker tersebut kerap menggunakan jaringan Wi-Fi palsu untuk menjaring mangsa.

Inilah mengapa Anda harus menjaga kerahasiaan password email

Ilustrasi email
2016 cnet.com/cnet.com

Ketika mangsa terjaring, hacker akan membajak semua informasi yang ada dalam ponsel ataupun device lain. Sekali para pembajak tersebut berhasil membobol ponsel Anda, maka mereka bisa membaca semua informasi, termasuk cookies dalam browser.

Biasanya, dalam cookies terdapat password Anda. Di sana lah para hacker mencuri data, masuk dalam akun Anda, dan sebuah malapetaka besar pun mengancam. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Yang perlu dilakukan pertama adalah tidak sembarangan mengakses sinyal Wi-Fi asing. Biasanya hacker takkan memasang password sehingga mangsa dapat terjaring dengan mudah.

Pertahanan berikutnya adalah dengan menjaga kerahasiaan password email Anda. Bagi hacker, dengan mendapatkan password email, maka mereka akan dengan mudah untuk mendapatkan password akun lain, bahkan data-data perbankan Anda.

(brl/red)