Ternyata gara-gara video konyol ini, Google putuskan beli YouTube

Ternyata gara-gara video konyol ini, Google putuskan beli YouTube

Techno.id - Di awal perjalanannya, YouTube layak disebut sebagai startup yang sukses. Bagaimana tidak, situs video-sharing yang dibuat pada Februari 2005 itu tak butuh waktu lama untuk membuat penguasa internet Google tergila-gila. November 2006, startup yang dulu masih kesusahan mendapat profit itu resmi menjadi subsider Google dengan mahar Rp22 triliun.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan Google bisa sebegitu terhipnotis dengan YouTube? Susan Wojcicki, CEO YouTube saat ini, akhirnya angkat bicara terkait hal tersebut.

Ternyata, bukan tim atau business plan yang solid yang bikin Google kepincut pada YouTube, melainkan sebuah video yang diunggah di platform tersebut. Ceritanya, tahun 2006 lalu sebelum akuisisi terjadi, Susan sedang memantau YouTube. Penjelajahannya terhenti ketika ia melihat sebuah video lipsync lagu Backstreet Boys berjudul As Long As You Love Me dari dua remaja asal Tiongkok.

Dalam video berdurasi 3:39 tersebut, dua laki-laki itu melakukan lipsync dengan sangat heboh dan percaya diri di dalam sebuah ruangan seperti kamar indekos. Sementara itu di belakang mereka, ada temannya yang duduk menghadap monitor seperti sedang mengerjakan sesuatu.

"Video itu menyadarkan saya kalau 'Wow, orang-orang di seluruh dunia bisa membuat konten dan mereka tak harus berada di dalam studio'," terang Susan seperti dikutip dari BusinessInsider.co.id (03/12/15).

Enam bulan pasca video itu diunggah, akuisisi Google pada YouTube pun terealisasi. Susan sendiri didaulat secara resmi memimpin YouTube pada Februari 2014.

(brl/red)