Google berikan Wi-Fi gratis di 400 stasiun kereta api

Google berikan Wi-Fi gratis di 400 stasiun kereta api

Techno.id - Dalam upaya memberikan akses internet untuk ratusan juta warga di negara India, Google berencana membangun fasilitas Wi-Fi gratis di 400 stasiun kereta api. Bahkan, menurut laporan dari Cnet (27/9/15), mesin pencari nomor satu di dunia ini telah bermitra dengan penyedia layanan internet RailTeil dan India Railways.

"Ini akan menjadi proyek pengadaan Wi-Fi terbesar di India dan juga di dunia dengan jumlah pengguna potensial. Kami pikir ini adalah bagian terpenting untuk memberikan akses internet bagi lebih dari 300 juta orang di India yang sudah online dan hampir 1 miliar yang belum online," tulis CEO Google, Sundar Pichai pada blog perusahaannya.

Tak hanya Google saja, perusahaan Mountain View yang berbasis di California juga ingin menjalankan proyek serupa, namun lebih difokuskan untuk 100 stasiun tersibuk di India pada akhir tahun 2016. Selain itu, ada pula Apple dan Facebook yang turut ambil bagian dalam meningkatkan infrastruktur teknologi di India.

Bedanya, Facebook lebih tertuju pada peningkatan perekonomian dengan cara menghubungkan 600.000 desa di India melalui jaringan serat optik yang bakal digarap pada abad ke-21. Hal ini sudah dibicarakan secara intens oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg di Menlo Park, markas besar Facebook.

Di sisi lain, upaya tersebut diharapkan dapat menarik investor asing serta perusahaan yang tidak tahu akan menginvestasikan ke mana uang mereka.

(brl/red)