Google bakal ikut ambil bagian dalam Open Compute Project Facebook

Google bakal ikut ambil bagian dalam Open Compute Project Facebook

Techno.id - Semenjak diluncurkan beberapa tahun lalu, Open Compute Project (OCP) yang diprakarsai oleh Facebook telah menarik beberapa raksasa teknologi untuk bergabung ke program yang ditujukan untuk mengatasi kebutuhan komputasi yang melebihi kemampuan infrastruktur tersebut. Salah satunya adalah Google.

Perusahaan teknologi yang berbasis di Mountain View itu, Rabu (9/3/16) kemarin secara resmi mengumumkan akan bergabung dengan program OCP. Google kabarnya akan berkontribusi pada program dengan mengembangkan peralatan komputasi berbasis rak di pusat data secara internal.

Sebagaimana dikutip dari eWeek (9/3/16), Google disebutkan akan menyokong distribusi daya rak sebesar 48v pada program ini. Selain itu, Google juga dilaporkan akan memberi rancangan baru untuk mengakomodasi kebutuhan rak OCP di pusat data.

John Zipfel, manajer program teknis Google dalam keterangan resminya mengungkapkan jika pihaknya siap berkontribusi pada komunitas masyarakat OCP dengan memberikan teknologi dan beberapa langkah yang sangat diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan komputasi yang saat ini telah melebihi kemampuan infrastruktur.

"Kerja sama dengan OCP merupakan langkah strategis yang bisa dilakukan saat ini. Kami percaya, langkah kami akan membantu setiap orang mengadopsi arsitektur komputasi terbaik seperti yang sudah Google lakukan selama ini," ujar Zipfel.

Tak hanya berhenti pada dukungan berupa distribusi rak komputasi, Zipfel dilaporkan akan menjajaki kerja sama di area lainnya dengan komunitas masyarakat OCP termasuk yang melibatkan server dan manajemen jaringan sistem.

(brl/red)