Gandeng DexCom, Alphabet bakal lebarkan sayap ke dunia kesehatan

Gandeng DexCom, Alphabet bakal lebarkan sayap ke dunia kesehatan

Techno.id - Alphabet, umbrella company Google, kabarnya bakal melebarkan sayap ke dunia kesehatan dengan menciptakan sebuah sensor pendeteksi penyakit glukosa. Untuk mewujudkan rencananya ini, perusahaan di bawah pimpinan Larry Page itu dikabarkan menggandeng DexCom, perusahaan pemantauan glukosa ternama asal Amerika.

Dikutip dari DigitalTrends (15/8/15), Alphabet dan DexCom dikabarkan bakal membuat perangkat revolusioner untuk mendeteksi maupun memantau kadar gula pada pasien diabetes.

"Kami berkomitmen untuk mengembangkan teknologi baru yang akan membantu pelayanan kesehatan berubah dari yang bersifat reaktif ke proaktif," ungkap Andrew Conrad, Head of The Life Science Alphabet.

Lebih lanjut, Conrad mengungkapkan jika kerja sama dengan DexCom bakal membuka peluang seluas-luasnya bagi perusahaan tersebut untuk memberi pilihan kepada pasien diabetes mengenai gaya hidup sadar kesehatan dengan lebih proaktif mengelola kecukupan gizi dan asupan gula sehari-hari.

Perangkat ini nantinya bakal diproduksi dengan bentuk yang cukup unik yakni monitor seukuran perban kecil. Monitor tersebut nantinya bakal memanfaatkan teknologi sensor glukosa canggih dari DexCom dan perangkat kecil serta data yang besar dari Alphabet. Bahkan, rencananya monitor tersebut akan dihubungkan ke layanan penyimpanan awan untuk memudahkan pasien menyimpan berkas riwayat kontrol kadar gulanya dan juga membantu memudahkan pencarian saat berkas tersebut suatu saat dibutuhkan.

Sayangnya, monitor ini baru akan tersedia secara bebas di pasaran dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini, DexCom dan Alphabet dikabarkan masih fokus melakukan penelitian lanjutan terkait penyempurnaan performa wearable gadget ini.

(brl/red)