CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 29 Maret 2015 19:00

Fitur "fast charging" buat baterai smartphone jadi cepat stres

Di balik keunggulannya, ternyata fitur "fast charging" dapat menyebabkan kondisi baterai smartphone Anda mudah terserang stres.

Fitur

Techno.id - Meski menggiurkan, fitur "fast charging" atau pengisian daya baterai dengan kecepatan super ternyata dapat menyebabkan sumber tenaga smartphone Anda cepat stres. Beberapa gadget memang menawarkan fitur ini sebagai unggulan, seperti charger pada iPad maupun beberapa gadget lainnya seperti power bank.

Namun menggunakan charger maupun power bank yang menyediakan hingga 2,1A arus pengisian, sebenarnya akan memperburuk performa baterai dalam jangka panjang. Sebagai perbandingan, mengisi daya baterai menggunakan PC port USB output reguler sebesar 500mA lebih aman ketimbang mengisi daya baterai menggunakan charger iPad dengan kapasitas arus sebesar 2,1A. Meski lebih lambat, tegangan yang dihasilkan saat mengisi dengan port USB reguler tidak setinggi yang dihasilkan oleh charger iPad. Dikutip dari PhoneArena (13/3/15), tegangan yang terlampau tinggi akan merusak kemampuannya dalam menyuplai tenaga bagi smartphone Anda dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda pengguna gadget untuk bisa memilih dan memilah fitur bagi gadget Anda. Usahakan untuk tidak tergiur dengan kemampuan mengisi daya baterai dengan cepat, namun berdampak buruk bagi smartphone Anda ke depannya.

 

WHAT TO READ NEXT ?