CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 17 April 2016 15:00

Di Microsoft, kesetaraan gender sama dengan kesetaraan gaji

Tiap dollar yang dikantongi karyawan pria Microsoft, karyawan wanita mereka mengantongi 99,8 sen.

Di Microsoft, kesetaraan gender sama dengan kesetaraan gaji

Techno.id - Punya nama besar di industri teknologi informasi (TI) menjadi anugerah sekaligus tantangan bagi Microsoft. Demi mengharmoniskan situasi internal perusahaan, mereka harus terus meningkatkan dan memperhatikan aspek-aspek ketenagakerjaannya, misalnya dalam urusan gaji.

Kini, bisnis yang dirintis oleh Bill Gates dan Paul Allen itu hampir berhasil menyetarakan gaji pegawai pria dan wanitanya. Perbandingan gaji antara karyawan pria dan wanita Microsoft dalam titel dan tingkatan yang sama di Amerika Serikat adalah 1 USD berbanding 99,8 sen. Berdasarkan keterangan resmi mereka (11/04/16), ini adalah peningkatan dari 1,5 tahun lalu. Saat itu, perbandingannya masih 1 USD dengan 99,7 sen.

Kendati demikian, Microsoft masih belum tergolong ramah dengan wanita. Sebab, persentase populasi pegawai wanita di Redmond diketahui cukup sedikit. Jumlahnya bahkan kalah jauh dengan perusahaan TI lain, seperti LinkedIn atau eBay.

Selain Microsoft, Google dan Apple juga belum menjadi perusahaan terbaik untuk wanita karir. Secara berurutan, persentase angkatan kerja wanita di tiga perusahaan itu adalah 27 persen, 30 persen, dan 31 persen.

Nampaknya selain menambah gaji untuk wanita, Microsoft juga perlu menambah populasi perempuan di perusahaannya.

WHAT TO READ NEXT ?