Dengan Alcoho-Lock, takkan ada lagi pengendara sepeda mabuk

Dengan Alcoho-Lock, takkan ada lagi pengendara sepeda mabuk

Techno.id - Belakangan ini, semakin banyak yang memilih sepeda sebagai alat transportasi. Selain lebih sehat, juga karena bebas dari kemacetan lalu lintas yang mulai marak di manapun. Namun kebiasaan baru ini juga berbahaya.

Seperti yang dilansir oleh Engadget pada hari Minggu (09/08/15), banyak pengguna sepeda yang justru tak mengindahkan peraturan lalu lintas. hal ini tak saja membahayakan dirinya sendiri, tapi juga berbahaya bagi orang lain. Terkadang penyebab mengendara sepeda tanpa aturan tersebut adalah pengaruh alkohol yang diminumnya.

Dengan Alcoho-Lock, takkan ada lagi pengendara sepeda mabuk

Fenomena ini banyak terjadi di Jepang. Sekedar nongkrong bersama teman kerja dan pulang dalam keadaan mabuk sembari mengendarai sepeda. Untuk itulah alat yang satu ini dibuat. Bernama Alcoho-Lock, alat ini adalah gabungan dari breathalyzer dan kunci sepeda.

Anda cukup meniupkan nafas melalui mulut pada bagian belakang kunci sepeda ini, dan membukanya melalui smartphone. Jika kandungan alkohol dalam tubuh masih dalam takaran aman, maka kunci akan terbuka dalam beberapa detik.

Namun jika tidak, smartphone akan mengirimkan tanda bahaya pada teman atau anggota keluarga agar mereka segera menelepon dan menganjurkan untuk tidak mengendarai sepeda dalam keadaan mabuk. Well, never ride a bike when you get drunk!

(brl/red)