Dell fokus kembangkan market share server di luar Jakarta

Dell fokus kembangkan market share server di luar Jakarta

Techno.id - Menilik potensi pasar server yang terus bertumbuh, Dell mulai memfokuskan diri dengan solusi terbaru yang dirancang untuk kebutuhan TI. Erwin Yusran, Country Business Manager Enterprise Solution Group Dell Indonesia mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar paling besar di Asia Tenggara.

"Kalau boleh dibilang di kuarter empat kemarin di South East Asia, Indonesia menduduki posisi nomor dua untuk market server paling besar setelah Singapura dengan sekitar 25000 server per kuarter yang dijual.

Posisi jawara Singapura diyakini Erwin perihal banyaknya perusahan regional, penyedia cloud yang memiliki data center di negeri seribu satu larangan tersebut. Sementara Indonesia mampu menjual sekitar 10.000 unit perkuarter dan diikuti oleh Thailand.

Berdasarkan perolehan yang telah dicapai, terlihat potensi untuk pengembangan bisnis server di Indonesia masih terbuka lebar. Pihaknya mengungkapkan bahwa untuk wilayah di luar kota Jakarta juga memiliki potensi yang disebut area GX (Geographical Extension).

Lebih lanjut, Erwin mengungkapkan bahwa adopsi teknologi makin lama makin menyebar ke kota-kota kecil dan posisi Dell untuk menyediakan solusi yang dibutuhkan mendapatkan tanggapan positif.

Sebelumnya diungkapkan Erwin, Dell belum mulai fokus untuk merambah market di luar Jakarta. Mulai pada periode kuarter sebelumnya diungkapkannya bahwa Dell telah melakukan investasi cukup besar untuk pengembangan bisnis di luar daerah. Pada kuarter kemarin kami mulai meihat hasilnya dengan penambahan cukup signifikan untuk penetrasi market server di luar Jakarta, ungkapnya.

Dari market size perolehan yang didapatkan Indonesia pihak regional Dell melihat Indonesia sebagai pasar potensional dengan pertumbuhan yang lebih tinggi dari Thailand dan Malaysia. Sekarang fokus bisnis ada di Indonesia terutama untuk pengembangan market share server dan fokus di luar kota karena selama ini zona lemah kami pengembangan di luar kota. Itu mengapa kami ingin fokus ke situ, tutup Erwin.

(brl/red)