Cara mudah buat 'shortcut' kontak di ponsel Android Anda

Cara mudah buat 'shortcut' kontak di ponsel Android Anda

Techno.id - Chandra Wijaya

Sudah sewajarnya jika pengguna ponsel pintar memiliki lebih dari satu kontak yang sering dihubungi setiap hari, entah itu kekasih, pasangan hidup, orang tua, maupun rekan kerja. Bahkan, seiring berkembangnya teknologi pada ponsel pintar, Anda mungkin sering menghubungi satu kontak tersebut melalui pelbagai cara, seperti mengirim SMS, melakukan panggilan telepon, atau chatting di layanan instant messenger (WhatsApp, LINE, WeChat, dan lainnya).

Nah, untuk menghubungi satu kontak tersebut, biasanya Anda perlu masuk ke menunya satu per satu. Misalnya saja, untuk menelepon Anda harus masuk ke menu Phone terlebih dahulu, atau untuk mengirimkan SMS maka Anda perlu mengakses ke menu Messages, lalu juga untuk melakukan chatting lewat WhatsApp misalnya, Anda harus membuka dulu aplikasinya. Banyak langkah yang perlu dilakukan, meski sebenarnya Anda hanya perlu menghubungi satu kontak saja.

Namun, sebenarnya ada satu cara yang lebih praktis untuk menghubungi satu kontak, yaitu dengan membuat shortcut untuk kontak tersebut di halaman Home. Menggunakan shortcut, bakal memudahkan Anda untuk langsung melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, atau melakukan chatting, tanpa perlu harus masuk ke menu atau aplikasinya satu per satu.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut penjabaran cara membuat shortcut kontak sederhana bagi Anda pengguna ponsel pintar berbasis Android.

(brl/red)