Cara memotret keindahan air hujan pakai kamera DSLR

Cara memotret keindahan air hujan pakai kamera DSLR

Techno.id - Mungkin banyak di antara fotografer yang langsung pulang ketika hujan tiba. Padahal, jika fotografer tersebut tahu tentang keindahan dari rintik air hujan, pasti mereka tak akan mau menyia-nyiakannya. Namun, jika Anda ingin mengambil foto air hujan, setidaknya Anda juga harus mewaspadai berbagai risiko yang bakal terjadi pada kamera Anda.

Oleh karenanya, sebelum berniat mengambil foto air hujan, Anda harus mempersiapkan beberapa perlengkapan keamanan kamera, terutama aksesoris untuk menghindari air masuk ke kamera. Hal ini dirasa penting, karena kamera begitu rentan terkena air.

Nah, setelah persiapan keamanan sudah terpenuhi, sekarang saatnya berbincang mengenai cara memotret keindahan air hujan tersebut. Di sini, akan lebih menarik apabila mengambil foto air hujan menggunakan kamera DSLR. Pasalnya, model kamera seperti ini dapat diatur kecepatan rananya.

Kunci utama menangkap foto air hujan adalah kecepatan rana. Jika Anda ingin mengambil foto butiran air hujan, Anda dapat mengatur kecepatan rana sekitar 1/1000 detik.

Cara memotret keindahan air hujan pakai kamera DSLR

Namun, jika Anda menyukai efek blur saat air hujan turun, Anda dapat memperlambat kecepatan tadi menjadi 1/125 detik, seperti yang dikutip dari DigitalCameraWorld.

Cara memotret keindahan air hujan pakai kamera DSLR

Tak hanya kecepatan, pada kondisi cahaya terang, Anda juga harus mengatur ISO menjadi 800 atau lebih dari itu. Selain itu, ada baiknya Anda menggunakan jenis lensa yang panjang untuk menangkap air hujan. Hal ini bertujuan agar Anda tetap dapat mengambil foto hujan terbaik sambil berteduh di bawah pohon atau di teras rumah.

(brl/red)