Besarnya angka megapiksel pada kamera sudah tak penting lagi

Besarnya angka megapiksel pada kamera sudah tak penting lagi

Techno.id - Kebanyakan orang sering berpendapat bahwa kamera dengan megapiksel besar akan menentukan seberapa bagus hasil jepretan kamera. Namun, ternyata baik tidaknya kamera tidak ditentukan oleh besarnya angka megapiksel pada kamera, seperti yang disadur dari TechInsider (23/01/2016).

Nikon D700 dengan resolusi kamera 12 megapiksel (MP), hasil jepretannya hampir sama dengan Nikon D800 36MP. iPhone 6 juga mempunyai resolusi kamera 12MP. Namun, apakah iPhone 6 bisa menembak gambar setara dengan kamera DSLR Nikon D700 dan Nikon D800?

Tentunya tidak, setiap kamera memiliki kemampuan yang berbeda. Semua tergantung dari lensa kamera itu sendiri. Jadi, kamera yang baik bisa dilihat dari pemilihan lensanya. Para fotografer profesional selalu membawa lensa kamera lebih dari satu. Itulah mengapa alasan pemilihan lensa kamera lebih penting daripada angka megapiksel.

Lalu, mengapa para vendor smartphone menyematkan resolusi kamera yang tinggi? Ya, megapiksel juga berperan penting dalam hal fotografi, khususnya hasil cetakan. Sebuah cetakan foto juga bergantung pada seberapa besar angka megapiksel kamera. Semakin besar angka megapiksel kamera, maka hasil cetakannya akan semakin besar pula.

(brl/red)