Apple akan tingkatkan resolusi foto tanpa korbankan kualitasnya

Apple akan tingkatkan resolusi foto tanpa korbankan kualitasnya

Techno.id - Tak seperti vendor lainnya yang berlomba-lomba memproduksi smartphone dengan kamera beresolusi tinggi, Apple cenderung "dingin". Di iPhone 6 saja, Apple masih menanamkan kamera belakang berkekuatan 8MP. Padahal di waktu peluncuran yang hampir bersamaan, Samsung telah membekali Galaxy Note 4 dengan kamera 16MP dan Sony menganugerahi Xperia Z3 dengan kamera 20MP.

Dengan fakta ini, apakah kemampuan kamera iPhone 6 bisa dibilang lebih rendah daripada kedua kompetitornya di atas? Tidak juga. Sebab, Apple sepertinya lebih memilih untuk fokus pada kualitas gambar yang dihasilkan, bukan pada besaran piksel.

Nah, prinsip itulah yang membuat Apple berani untuk mematenkan teknologi kamera terbaru. Temuan itu diyakini dapat membuat kamera iPhone edisi mendatang menghasilkan gambar dengan resolusi dan kualitas yang lebih tinggi, plus noise yang rendah.

Berdasarkan laporan dari 9to5mac (2/4/15), cara kerja temuan itu cukup sederhana. Caranya ialah dengan memanfaatkan fitur burst-mode untuk mendapatkan beberapa foto sambil mengaktifkan sistem penstabil optik. Kemudian, foto-foto itu digabungkan menjadi satu dan jadilah sebuah foto yang berkualitas tinggi.

Memang, teknologi itu mirip dengan teknik HDR yang lazim digunakan di fotografi. Namun, temuan milik Apple ini nantinya akan menggabungkan foto pada sensor secara langsung saat proses pengambilan gambar terjadi. Sayangnya, belum jelas apakah teknologi ini dapat digunakan pada objek yang bergerak atau untuk merekam video.

(brl/red)