Begini caranya ganti audio device dengan cepat di Windows 7

Begini caranya ganti audio device dengan cepat di Windows 7

Techno.id - Sebagai perangkat yang wajib dimiliki, tidak jarang Anda memiliki beberapa perangkat audio sekaligus. Misalnya saja, speaker internal, headset sampai stereo set dengan kualitas suara yang menakjubkan.

Dengan banyaknya perangkat audio yang digunakan, maka sudah pasti Anda akan sering mengganti-ganti perangkat tersebut untuk Anda gunakan.

Sayangnya, untuk menggantinya secara manualdi Windows 7 agak rumit dengan proses yang panjang. Maka dari itu, perlu cara yang lebih praktis dan cepat untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan menginstall program tambahan yakni Audio Switch. Program yang tersedia gratis ini bisa Anda download di situs resminya.

Setelah Anda menginstall program tersebut, akan tampil icon dari program Audio Switch di system tray yang terdapat di bagian kanan seperti gambar di bawah ini:

Begini caranya ganti audio device dengan cepat di Windows 7


Cara pemakaiannya:
1. Untuk mengubah perangkat audio klik kiri icon Audio Switch. Setelah itu, akan tampil list Audio Device yang terdeteksi oleh program tersebut. Selanjutnya, Anda bisa klik salah satu dari perangkat yang terdeteksi dan langsung mengaktifkannya.

Begini caranya ganti audio device dengan cepat di Windows 7

2. Selain untuk 'playback', program ini juga bisa digunakan untuk mengubah perangkat untuk merekam suara. Caranya hampir sama dengan cara pertama, namun pada saat Anda mengklik kiri, secara bersamaan Anda harus menekan tombol 'Ctrl' di keyboard Anda.

3. Jika dirasa list perangkat audio terlalu banyak, Anda bisa mengaturnya dengan memilih 'option' dan mengatur perangkat audio mana saja yang ingin Anda tampilkan. Caranya, klik kanan icon 'Audio Switch', kemudian masuk ke Settings > Devices. Setelah itu, pilih 'device' tidak ingin ditampilkan kemudian centang pilihan 'Hide device from switch list' lalu pilih 'Save Settings'.

4. Audio Switch juga menyediakan shortcut. Ada 3 shortcut yang bisa Anda digunakan yakni untuk mengubah perangkat menjadi 'Playback' dan 'Record', aktif/nonaktifkan fitur 'mute' untuk perangkat 'Playback' dan 'Record', serta mengubah volume.

Dengan program ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengganti perangkat audio dengan cara manual. Semoga bermanfaat.



(brl/red)