CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 17 Maret 2016 09:00

Begini cara kerja peretas iCloud Jennifer Lawrence

Akibat dari peretasan ini, foto bugil Jennifer Lawrence tersebar di internet.

Begini cara kerja peretas iCloud Jennifer Lawrence

Techno.id - Awal september tahun lalu, saat Apple sedang mempersiapkan peluncuran iPhone 6 terjadi kehebohan karena celah keamanan iCloud milik Apple dibobol oleh peretas. Adanya celah ini menghadirkan masalah yang serius karena foto bugil artis Hollywood Jennifer Lawrence yang tersebar di internet.

Apple saat itu menjelaskan jika saat itu keamanan iCloud tidak memiliki celah, dan ada kemungkinan jika peretas menggunakan phising untuk mendapatkan username dan password dari korban termasuk Jennifer Lawrence.

Dilansir oleh NBC News (16/03/16), pelaku peretasan Ryan Collins sebagai tersangka mengaku jika ia memang benar menggunakan phising untuk mendapatkan data-data tersebut. Dengan metode phising setidaknya ia memiliki 50 akun iCloud dan 72 akun Gmail antara bulan November 2012 dan September 2014.

Phising adalah sebuah metode peretasan yang menggunakan situs palsu yang mirip dengan situs aslinya. Karena mirip dengan situs asli, maka banyak pengguna terkecoh dan login akun mereka di situs samaran tersebut. Akhirnya data mereka tersimpan di database peretas dan bisa dimanfaatkan oleh peretas.

Collins saat ini didakwa dengan pasal penipuan dan penyalahgunaan komputer di Los Angeles dan terancam 18 bulan hingga lima tahun penjara. Walaupun begitu, tidak ada bukti yang menguatkan jika Collins yang menyebarkan foto bugil Jennifer Lawrence di internet.

WHAT TO READ NEXT ?