Atasi peredaran barang palsu, Alibaba rekrut mantan pekerja Apple

Atasi peredaran barang palsu, Alibaba rekrut mantan pekerja Apple

Techno.id - Alibaba, raksasa e-commerce asal Tiongkok baru-baru ini dilaporkan telah merekrut Matthew Bassiur, mantan pekerja Apple untuk mengatasi masalah peredaran barang palsu. Seperti diketahui, website Alibaba selama ini memang dikenal selalu kecolongan menjual barang palsu hingga badan dagang Amerika pun sempat mem-blacklist Alibaba dari pasar e-commerce Amerika.

Seperti dikutip dari BusinessInsider (22/12/15), di kantor lamanya Bassiur diketahui khusus bertugas membasmi peredaran iPhone palsu dan melacak pencurian kekayaan intelektual. Dengan pengalaman dan kemampuan yang mumpuni tersebutlah, Bassiur diharapkan bisa mengatasi peredaran barang palsu di website Alibaba dan membuat perusahaan yang dipimpin Jack Ma itu dapat diterima serta mendapat kepercayaan pasar e-commerce dunia, terutama Amerika.

Ya, Ma si CEO memang telah menetapkan jika di tahun 2016 mendatang Alibaba bisa menjadi tujuan belanja dan diterima oleh pasar e-commerce dunia. Nah, salah satu persiapan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan harapannya itu adalah dengan mempekerjakan seorang ahli yang mampu melacak dan mengurangi peredaran barang palsu.

"Kami berusaha dan akan terus berkomitmen untuk melindungi konsumen kami dan juga para partner kami yang memiliki hak kekayaan intelektual dari tindak kejahatan (peredaran barang palsu)," ujar Ma.

Sekadar informasi, Bassiur yang juga pernah bekerja di Pfizer, perusahaan farmasi dan departemen kehakiman Amerika kabarnya akan mulai bekerja bersama Alibaba pada bulan Januari mendatang.

Atasi peredaran barang palsu, Alibaba rekrut mantan pekerja Apple

Matthew Bassiur 2015 flickr.com/ GIPC/GIPC

(brl/red)