CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 14 Agustus 2015 10:00

Apple patenkan sistem dan metode baru untuk mengirim gambar digital

Apple telah mematenkan sistem berbagi foto baru menggunakan teknik pengenalan wajah.

Apple patenkan sistem dan metode baru untuk mengirim gambar digital

Techno.id - Dalam sebuah penemuan yang diterbitkan oleh US Patent dan Trademark Office, Apple membuat proses identifikasi gambar individu untuk sarana berbagi foto kepada pengguna lain. Metode berbagi foto terbaru ini hanya berbekal pengenalan wajah dan secara otomatis sistem akan mengirimkan gambar kepada seseorang yang ada di dalam foto tersebut.

Teknologi yang baru dipatenkan Apple ini berjudul "Sistem dan metode untuk mengirim gambar digital". Di sini, Apple merancang sistem yang dapat membantu memudahkan proses berbagi foto dengan sekelompok orang. Apple membuat setiap wajah yang ada di dalam foto memiliki informasi berupa email, SMS atau berbagai layanan lainnya. Kemudian, ketika sistem mengenali foto tersebut, secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada foto yang bersangkutan. Namun, pengguna juga diberikan pilihan untuk mengirimkannya secara manual atau otomatis.

Tak hanya itu, agar sistem ini bekerja secara otomatis, calon penerima foto sebelumnya harus mengunggah foto ke layanan awan sebagai tanda pengenalan wajah. Dengan begitu, saat sistem mengenali sekelompok wajah maka sistem bisa langsung mengirimkan foto pada masing-masing wajah pengguna yang dikenalinya.

Lebih mengagumkan lagi, karena teknologi ini juga dapat mempelajari wajah-wajah baru yang memungkinkan sistem bisa menandai seorang individu dalam sebuah foto. Sistem akan menyimpan database pengenalan wajah di perangkat mobile dan nantinya sistem dapat mengenali sendiri wajah seseorang lalu mengirimkan foto tersebut secara otomatis.

Temuan ini sudah diajukan pada bulan Februari 2013 oleh Richard H. Salvador (penemu) dan Steve G. Kelanjutan dari metode terbaru ini, Apple akan menggunakannya untuk menghubungkan ke informasi kontak seseorang agar dapat berbagi foto lebih cepat dan mudah, seperti yang dilansir oleh AppleInsider (13/8/15).

WHAT TO READ NEXT ?