CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 21 Oktober 2015 07:00

Apple hapus aplikasi yang bisa mengambil data pribadi pengguna

Dalam sebulan, Apple terhitung sudah dua kali melakukan penghapusan aplikasi di Apple App Store.

Apple hapus aplikasi yang bisa mengambil data pribadi pengguna

Techno.id - Dilansir oleh Mashable.com (20/10/15), Apple kembali menghapus banyak aplikasi yang ada di app store mereka. Hal ini karena peneliti keamanan, SourceDNA, menemukan aplikasi yang melanggar pedoman keamanan Apple.

Tidak tanggung-tanggung, ada 256 aplikasi yang dihapus oleh pihak Apple, pasalnya aplikasi ini dikatakan mampu untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna. Termasuk email dan nomor identitas perangkat pengguna.

Walaupun begitu, SourceDNA tidak menyebutkan nama aplikasi yang dihapus. Namun mereka mengatakan jika aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sebagian besar dari perusahaan Tiongkok yakni Youmi.

256 aplikasi yang terjaring ini dikatakan telah mencapai satu juta download, namun angka tersebut bukan jumlah yang besar berdasarkan standar Apple App Store. Walaupun begitu, SourceDNA khawatir jika cara ini akan digunakan oleh perusahaan lain pada aplikasinya di Apple App Store.

Sementara itu, terhitung pihak Apple telah dua kali menghapus aplikasi dari app store mereka dalam bulan ini. Sebelumnya, Apple harus menghapus beberapa aplikasi yang mengandung malware awal bulan lalu.


WHAT TO READ NEXT ?