Apa sebab seseorang meng-uninstall aplikasi di gadget-nya?

Apa sebab seseorang meng-uninstall aplikasi di gadget-nya?

Techno.id - Sudah bergesernya prioritas mayoritas user menjadi mobile first membawa konsekuensi berupa membanjirnya aplikasi di toko semacam Apple App Store atau Google Play Store. Tentu saja, sebagian besar dari aplikasi yang tersaji di sana menjanjikan kemudahan bagi penggunanya atau fitur lain yang dirasa perlu untuk ada di gadget banyak orang.

Namun, sebagai pemegang kuasa atas handset-nya sendiri, user tentu mempunyai pilihan untuk menyimpan beberapa dari jutaan aplikasi yang ada atau malah mencopotnya dalam kurun waktu tertentu.

Nah, berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh ITR, badan dengan spesialisasi penerjemah sekaligusmelokalkan aplikasi, ada sejumlah sebab yang mendorong seorang user untuk meng-uninstall aplikasi di perangkat selulernya. Mayoritas, yakni 50,6 persen, menyatakan aplikasi yang memakan banyak ruang kosong di storage-nya berpeluang besar dicopot.

Jenis aplikasi yang layak di-uninstall selanjutnya ialah yang memajang banyak iklan mengganggu. Sekitar 41,3 responden mengamini hal itu.

Masalah dari aplikasi itu sendiri, seperti sering freeze, pengamanannya dipertanyakan, UI dan UX yang buruk, serta registrasi yang sulit adalah serentetan sebab selanjutnya. Data selengkapnya tersaji di infografis yang dikutip dari TechInfographics.com (02/01/16) berikut:

Apa sebab seseorang meng-uninstall aplikasi di gadget-nya?

Alasan mengapa user meng-uninstall aplikasi
2015 ITR/ITR

Semoga survei ini bisa menjadi pelajaran utamanya bagi developer lokal untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan sekaligus dicintai user.

(brl/red)