Akankah jaringan internet di masa depan berbasis satelit?

Akankah jaringan internet di masa depan berbasis satelit?

Techno.id - Predikat perusahaan elektronik terbesar dunia tampaknya tak membuat Samsung puas begitu saja. Pasalnya, raksasa Korea Selatan itu dikabarkan tengah berencana untuk menciptakan jaringan internet berbasis satelit.

Dikutip dari Android Community (18/08), sebuah dokumen milik R&D (perusahaan teknologi Korea Selatan) yang berbasis di Texas, AS menggambarkan satelit Samsung yang mengitari bumi guna menyediakan jaringan internet.

Akankah jaringan internet di masa depan berbasis satelit?

Praktis, dokumen berjudul "Mobile Internet from the Heavens" oleh Farooq Khan ini secara tidak langsung juga mengatakan bahwa Samsung tak hanya berfokus dengan perangkat elektronik saja.

Seperti diketahui, permintaan data internet di seluruh dunia dewasa ini terus mengalami peningkatan. Di tahun 2028 mendatang, satu pengguna bahkan diprediksi akan membutuhkan internet 200GB per bulan!

Jika Samsung memang merealisasikan hal ini, maka Project Loon milik Google dan Internet.org milik Facebook akan memiliki pesaing baru. Kendati demikian, beberapa pihak meragukan rencana besar Samsung ini bakal terealisasikan. Pasalnya, biaya yang dibutuhkan sangatlah besar.

(brl/red)