CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 9 Oktober 2015 17:00

2016, bayar retribusi sampah di Bekasi bisa online

"Sebab, dengan teknologi ini, masyarakat bisa sebagai pengguna sekaligus pengawas."

2016, bayar retribusi sampah di Bekasi bisa online

Techno.id - Kelebihan jaringan internet yang bisa memangkas panjangnya proses birokrasi dan waktu nyatanya ingin terus dieksploitasi instansi pemerintahan di Indonesia, termasuk Pemkot Bekasi, Jawa Barat. Rencananya tahun depan, Pemkot Bekasi bakal melakukan uji coba sistem pembayaran retribusi sampah secara online.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Jumhana Lutfi, menilai metode berbasis aplikasi ini bakal membawa banyak keuntungan. Pertama, masyarakat akan dimudahkan dalam pengawasan dan melunasi pembayaran.

"Nantinya akan ada semacam perangkat lunak yang di-download warga untuk memonitor pergerakan truk sampah hingga proses pembayaran retribusi sampah,"  terangnya pada wartawan Antara (08/10/15).

Kemudian, jenis transaksi seperti ini juga berguna untuk mengurangi kebocoran retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari urusan sampah dan kebersihan. Masyarakat pun akan dilibatkan langsung dalam hal ini, yaitu sebagai pengguna dan pengawas.

"Sebab, dengan teknologi ini, masyarakat bisa sebagai pengguna sekaligus pengawas," imbuhnya.

Dalam salah satu program pembentukan Bekasi sebagai smart city ini, Pemkot turut mengatakan bahwa pihaknya perlu melakukan pengkajian lebih dalam, pengumpulan data pendukung, dan sosialisasi ke warga. Supaya begitu program ini diimplementasikan di dua kecamatan terpilih, yakni Kecamatan Bekasi Barat dan Kecamatan Medansatria, masyarakat tidak melakukan penolakan dan atau berdampak pada pelanggaran hukum.

WHAT TO READ NEXT ?