Sosialisasi wirausaha, DBS dan BukaLapak.com kampanye #BelidanPeduli

Sosialisasi wirausaha, DBS dan BukaLapak.com kampanye #BelidanPeduli

Techno.id - Guna mendukung pengembangan wirausaha sosial di Indonesia, PT Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan BukaLapak.com secara resmi meluncurkan Bazaar Online yang mengkampanyekan aksi #BelidanPeduli. Kegiatan ini merupakan wadah e-commerce di dalam situs Bukalapak.com bagi para pelaku wirausaha sosial dalam memasarkan produk, memperluas akses pasar, sekaligus mensosialisasikan konsep kewirausahaan sosial di Indonesia lewat platform online atau digital.

Sosialisasi wirausaha, DBS dan BukaLapak.com kampanye #BelidanPeduli

Peluncuran kerjasama aksi #BelidanPeduli dilatar belakangi kemunculan wirausaha sosial atau social enterprise (SE) di Indonesia selama satu dekade terakhir telah membuktikan bahwa bisnis dapat berkontribusi pada penyelesaian isu sosial.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengatakan, Bidang ekonomi kreatif telah menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia dan Bekraf senantiasa melakukan berbagai upaya untuk menggerakan para pelaku usaha ekonomi kreatif dan UMKM sehingga mereka dapat semakin berkembang. Kerja sama Bank DBS dan Bukalapak.com merupakan inovasi digital yang sebagai tahap awal dapat membantu meningkatkan produktivitas ekonomi melalui kewirausahaan sosial.

Sebanyak 11 wirausaha sosial yang mewakili sejumlah kategori meliputi makanan dan minuman, fashion, personal care, hobi, dan sebagainya, telah bergabung di www.bukalapak.com/promo/belidan-peduli yang dapat diakses hingga 20 November 2015.

Rudy Tandjung, Chief Operating Officer PT Bank DBS Indonesia mengatakan, Sebelum Bazaar Online #BelidanPeduli ini diluncurkan, para pelapak ini telah menerima edukasi untuk memperdalam pemahaman tentang bisnis online yang telah dijalankan sejak 12 Oktober 2015, dan beberapa seri pembelajaran lainnya selama bulan November ini, tambah Rudy.

Achmad Zaky, CEO BukaLapak.com menuturkan, BukaLapak.com terus berupaya untuk menciptakan layanan marketplace yang inovatif, yang bisa memenuhi kebutuhan pembeli dan penjual. Kami juga memiliki perhatian khusus terhadap para pelapak kami yang mayoritas merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan kerja sama dengan Bank DBS Indonesia dalam meluncurkan Bazaar Online ini, kami berharap kami dapat ikut mendukung inisiatif DBS dalam mensosialisasikan konsep kewirausahaan sosial kepada para pelaku industri e-commerce dan masyarakat luas,

Dukungan keberlanjutan Bank DBS Indonesia terhadap pengembangan wirausaha sosial telah berlangsung sejak tahun 2013. Di tahun ini, Bank DBS telah menyelenggarakan beragam inisiatif termasuk dukungan terhadap salah satu SE yang bergerak di bidang lingkungan (Greeneration/Waste4Change) dan Program Kewirausahaan Sosial untuk Siswa SMA (PRAKARSA); DBS SE Boot Camp; ajang Social Venture Challenge Asia dan pemberian SE Grant oleh DBS Foundation.

(brl/red)