Pembantu.com hadir untuk membangun kepercayaan pada PRT

Pembantu.com hadir untuk membangun kepercayaan pada PRT

Techno.id - Semenjak didirikan pada tahun 2013 tentu Pembantu.com mengalami pasang surut dalam proses perintisannya. Nasrussalam Zakaria, Founder Pembantu.com mengaku bahwa tantangan terbesar dalam merintis Pembantu.com adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan.

"Industri pembantu rumah tangga berada dalam kondisi 'chaos' saat ini. Regulasi tidak ada atau tidak berjalan. Banyak kasus pembantu kabur setelah bekerja beberapa hari atau pas berakhirnya masa garansi yang membuat rusaknya kepercayaan. Majikan beranggapan bahwa banyak agen penyalur dan pekerja berkomplot untuk menipu mereka. Kondisi ini diperburuk oleh lemahnya regulasi dalam bidang penyaluran pembantu rumah tangga," tutur Nasrussalam.

Pembantu.com hadir untuk membangun kepercayaan pada PRT

Beberapa PRT yang ada di situs Pembantu.com 2015 pembantu.com

Di beberapa daerah seperti Jakarta dan Surabaya, terdapat PERDA yang mengatur perizinan, usaha, dan praktik penyalur pramuwisma. Namun dalam praktiknya peraturan itu tidak diindahkan. Sebagai contoh, Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 191 tahun 2010 mengharuskan bahwa penyalur memberikan jaminan bahwa pekerja yang disalurkan bekerja minimal 6 bulan, membawa surat keterangan sehat dari dokter dan surat kelakuan baik dari polisi. Hal-hal tersebut tidak diindahkan kecuali oleh segelintir penyalur.

Di sisi lain, kebanyakan majikan tidak mengerti bahwa kaburnya pekerja bukan semata karena persekongkolan tetapi murni akibat kesalahan majikan yang tidak memberikan informasi yang cukup tentang pekerjaan kepada calon pekerja. Komunikasi yang terbuka antara majikan dan calon pembantu tidak terjadi dengan berbagai alasan. Pada intinya terdapat ketidakpercayaan yang relatif buruk pada lembaga penyalur pembantu rumah tangga saat ini.

"Hal ini menjadi tantangan utama bagi kami, sebab di satu sisi tersedia stok online yang cukup tetapi di sisi lain majikan tetap lebih nyaman mencari pembantu lewat jalur bukan online (tanya teman, tanya keluarga, tanya pembantu teman, dan lain-lain)," ungkap Nasrussalam.

Pembantu.com hadir untuk membangun kembali kepercayaan tersebut. Setiap penyalur yang masuk diverifikasi (tidak ada yang fiktif) tanpa mengenakan biaya tambahan. Biodata pekerja mencakup ada tidaknya surat keterangan polisi dan surat kesehatan dari dokter. Selain itu, penyalur dapat meningkatkan statusnya menjadi "Penyalur Berizin dan Resmi" dengan membayar biaya tambahan.

Tekait keberadaan layanan sejenis , Nasrussalam mengatakan belum adanya layanan yang sama dengan Pembantu.com. "Situs TukangBersih.com dan CleanInc.id tidak menyediakan pembantu seperti yang kami lakukan. Sebelumnya terdapat juga situs bernama Cabara.co.id yang mengusung konsep marketplace seperti Pembantu.com tetapi belum beroperasi sebagai marketplace hingga saat ini," tutup Nasrussalam.

(brl/red)