CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 26 April 2016 16:00

BukaLapak akan maksimalkan pemberdayaan UKM di kota pelajar Yogyakarta

"Kami melihat bahwa Yogyakarta memiliki potensi ekonomi kreatif yang sangat besar."

BukaLapak akan maksimalkan pemberdayaan UKM di kota pelajar Yogyakarta

Techno.id - Setelah berkeliling ke beberapa kota, akhirnya kampanye Pahlawan Pelapak dari BukaLapak mampir juga ke kota Pelajar, Yogyakarta. Sebagai salah satu rangkaian dari kampanye ini, pada 20 April lalu BukaLapak mengadakan kunjungan dengan kerabat Kesultanan Yogyakarta terkait upaya pemberdayaan UKM di kota yang terkenal dengan makanan Gudegnya tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Techno.id (26/4/16), pihak BukaLapak yang diwakili sang CFO, Fajrin Rasyid pada kunjungan tersebut mengungkapkan jika Yogyakarta adalah kota yang memiliki potensi besar terutama masalah ekonomi kreatif.

"Kami melihat bahwa Yogyakarta memiliki potensi ekonomi kreatif yang sangat besar, sehingga kami mendorong agar para pelaku ekonomi kreatif di Yogyakarta untuk lebih mengembangkan jangkauan pemasarannya dengan memanfaatkan platform online seperti di BukaLapak," tutur Fajrin yang juga co-founder BukaLapak.

Lebih lanjut, Fajrin mengungkapkan jika hingga saat ini pelapak di Yogyakarta yang bergabung di BukaLapak sudah mencapai lebih dari 40 ribu pelapak. Variasi barang yang diperdagangkan oleh para pelapak ini juga banyak mulai dari kerajinan hingga kuliner.

Menurut Fajrin, potensi inilah yang sangat baik untuk dikembangkan. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut BukaLapak ingin mendapatkan masukan dari Kesultanan Yogyakarta terkait upaya-upaya pengembangan potensi ekonomi kreatif dan pemberdayaan UKM di Yogyakarta agar lebih maksimal.

Sementara itu, pihak Kesultanan Yogyakarta yang diwakili oleh ketua Kadin DIY GKR Pembayun menyambut baik kedatangan BukaLapak. Dalam sambutannya, ia menyampaikan jika para pelaku ekonomi kreatif harus terus mengembangkan kreativitas serta berinovasi.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan agar para pelaku ekonomi kreatif dapat bertahan dalam persaingan Masyarakat Ekonomi Kreatif. Untuk itu, langkah dari BukaLapak sudah seharusnya didukung.

Selain dihadiri oleh Fajrin (CFO BukaLapak), acara kunjungan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua Kadin DIY drg. Eddy Purjanto, Walikota DIY Hariadi Suyuti, Head of Marketing BukaLapak Bayu Syerli, PR Manager BukaLapak Evi Andarini, dan Brand Manager BukaLapak Oci Ambrosia. Selain itu, turut hadir saat acara adalah beberapa budayawan asal Yogyakarta seperti Garin Nugroho, Eko Bebek, dan perwakilan pelapak BukaLapak yang berasal dari Yogyakarta.

Fajrin Rasyid (kanan) memberikan plakat kepada drg. Eddy Purjanto (kiri) saat kunjungan ke Kesultanan Yogyakarta
© 2016 Bukalapak.com

WHAT TO READ NEXT ?