Karena Pilkada 2015, lahirlah 1 juta lebih tweet bertanda #Pilkada2015

Karena Pilkada 2015, lahirlah 1 juta lebih tweet bertanda #Pilkada2015

Techno.id - Momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 telah berakhir. Secara umum, perayaan pesta demokrasi yang serempak untuk pertama kalinya ini bisa dibilang cukup baik dan berlangsung tertib. Kendati masih tak lepas dari kontroversi di sana-sini, setidaknya masyarakat Indonesia memiliki antusiasme yang tinggi.

Twitter Indonesia memproyeksikan fenomena ini dengan penggunaan tagar #Pilkada2015 yang dinamis dan luas. Tweeps di berbagai penjuru Nusantara terbukti berhasil membuat 920 ribu tweet seputar Pilkada selama 9 November sampai 9 Desember lalu, dengan partisipasi pengguna di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera yang paling besar. Tak ayal, hashtag #Pilkada2015 sempat menjadi trending topic pertama di Indonesia pada 9 Desember.

Masih menurut data resmi yang dirilis Twitter Indonesia (11/12/15), terdapat lonjakan cuitan yang sangat signifikan saat hari-H pemungutan suara. Setidaknya, ada 370 tweet tentang #Pilkada2015 yang muncul di hari itu dengan puncak percakapan pada pukul 10.30 WIB. Saat itu, tweet terkait Pilkada mengalir sederas 500 tweet per menit.

Sebelumnya demi meramaikan momen Pilkada tahun ini, Twitter merilis tagar dan emoji khusus. Jikalau tweeps mengirimkan tweet yang mengandung hashtag #Pilkada2015, maka Twitter secara otomatis akan membubuhi tweet itu dengan emoji jari kelingking yang sudah tercelup tinta layaknya seseorang yang usai 'bersuara' dari bilik pemilihan

(brl/red)