CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 2 Juli 2015 20:00

Gila, Facebook akan gunakan laser untuk hubungkan dunia!

Facebook's Connectivity Lab sedang bekerja keras merancang teknologi menggunakan laser untuk menghadirkan internet di seluruh dunia

Gila, Facebook akan gunakan laser untuk hubungkan dunia!

Techno.id - Ide gila kembali 'dimuntahkan' oleh Facebook. Jejaring sosial yang digawangi oleh Mark Zuckerberg itu saat ini sedang bersiap untuk menghubungkan seluruh dunia menggunakan laser.

Seperti dilaporkan oleh TheNextWeb (2/7/15), proyek yang masih merupakan bagian dari Internet.org (proyek internet gratis dari Facebook untuk seluruh dunia) ini sekarang sedang digarap oleh tim dari Facebook's Connectivity Lab. Zuckerberg, selaku CEO Facebook melalui statusnya baru-baru ini mengatakan bahwa proyek yang sedang dikerjakannya timnya ini secara dramatis akan meningkatkan kecepatan pengiriman data bahkan dari jarak yang cukup jauh.

Facebook Connectivity Lab mengungkapkan bahwa nantinya proyek laser untuk konektivitas internet ini bakal memanfaatkan teknologi drone dan Free Space Optik (FSO) untuk membantu mendistribusikan sinar laser terkonsentrasi ke seluruh penjuru dunia. Lebih lanjut pihak Facebook menjelaskan, laser yang digunakan dalam sistem FSO akan menyediakan bandwidth dan kapasitas yang sangat tinggi atau bisa dikatakan setara dengan jaringan serat optik darat. Kendati demikian, pihak Facebook mengungkapkan laser yang dipancarkan wajib dikalibrasi dan memerlukan line of sight antara kedua link laser, yang berarti bahwa teknologi ini tidak akan bekerja melalui awan dan sangat rentan terhadap kondisi cuaca buruk.

Belum diketahui secara pasti kapankah proyek 'gila' dari Facebook ini bakal diterapkan secara luas. Namun yang pasti jika proyek ini benar-benar terwujud, maka Facebook bakal jadi salah yang pertama mempelopori langkah baru pengkoneksian internet ke seluruh dunia.

WHAT TO READ NEXT ?