Facebook bocorkan cara buat video biasa jadi video 360 derajat

Facebook bocorkan cara buat video biasa jadi video 360 derajat

Techno.id - Beberapa minggu yang lalu, Facebook dan anak perusahaan virtual reality Oculus bekerja sama memperkenalkan video dalam format 360 derajat di peramban Facebook. Dengan pembaruan ini, ketika ada seseorang yang mengunggah video biasa, maka Anda bisa melihatnya sebagai video 360 derajat langsung dari smartphone atau desktop.

Setelah melihat video tersebut, mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana video itu dapat dilihat dengan sudut 360 derajat? Tak mau merahasiakan fitur terbarunya, Facebook dengan senang hati membocorkan bagaimana cara kerja video 360 derajat lewat dua perwakilan, Evgeny Kuzyakov dan David Pio, seperti yang dikutip dari laman code.facebook.com (16/10/15).

Mereka berdua menjelaskan bahwa video 360 derajat itu diambil dari video biasa kemudian dipecah-pecah menjadi enam gambar dan disatukan kembali menjadi pola seperti kubus. Penyatuan enam gambar kubus tadi dikenal sebagai cube maps. Namun, ternyata proses ini masih belum selesai. Pasalnya, hasil dari penggabungan gambar tersebut sangat besar sekali, bisa mencapai ukuran 44GB selama satu jam rekaman.

Facebook bocorkan cara buat video biasa jadi video 360 derajat

Oleh karenanya, Facebook melakukan filter pada video 360 derajat agar lebih ringan tetapi tetap memiliki kualitas dan resolusi video yang baik. Untuk melakukan hal itu, Facebook sampai membongkar pasang hardware-nya karena kalau mengandalkan software saja tidak akan menciptakan hasil yang maksimal.

Namun, setelah menjalani proses yang panjang, akhirnya usaha Facebook berhasil. Dengan keberhasilan ini nantinya Anda dapat menyaksikan ribuan video biasa ke dalam bentuk video 360 derajat dengan cara menggeser-geser layar. Berikut cuplikan video 360 derajat yang baru saja diciptakan oleh Facebook.

(brl/red)