Di CES 2016, YouTube klaim bakal punya video HDR

Di CES 2016, YouTube klaim bakal punya video HDR

Techno.id - Dalam dunia fotografi, HDR (High Dynamic Range) adalah serangkaian teknik pencitraan untuk mereproduksi pencahayaan yang dinamis. Pada umumnya, teknik ini digunakan untuk menutupi kekurangan kamera non-HDR khususnya dari tingkat pencahayaan.

Di CES 2016, YouTube klaim bakal punya video HDR

Ilustrasi gambar HDR
2016 wikimedia.org

Menurut desas-desus terbaru, layar televisi kabarnya akan mulai mengaplikasikan HDR. Namun jika Anda merupakan seorang yang lebih senang menonton secara online, YouTube adalah salah satu layanan yang juga bakal mengadopsi HDR dalam waktu dekat.

Sebagaimana dikutip dari The Next Web (08/01), hal ini disampaikan langsung oleh YouTube Chief Business Officer, Robert Kyncl. Lebih tepatnya, yakni di ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2016 yang saat ini tengah digelar.

Sayangnya, Kyncl masih enggan merinci kapan proses video HDR ini bakal diaplikasikan. Namun yang jelas, YouTube bukanlah layanan internet pertama yang menyediakan HDR. Ya, portal video raksasa milik Google itu sudah didahului Amazon dan Netflix.

Meski nantinya pencahayaan video YouTube bakal terlihat lebih tajam, HDR tetap tak luput dari kelemahan. Kelemahan ini, tak lain adalah perangkat yang menampilkan HDR juga harus dilengkapi dengan hardware yang mampu mendukung (memutar) video HDR.

(brl/red)