Bagaimana perkembangan Twitter saat ini?

Bagaimana perkembangan Twitter saat ini?

Techno.id - Saat ini, predikat situs media sosial terbesar kedua di dunia setelah Facebook masih dipegang oleh Twitter. Dengan konsep yang diusungnya, Twitter pun berhasil menarik pengguna yang berasal dari seluruh dunia dan berbagai elemen.

Sebut saja seperti Barrack Obama yang memanfaatkan Twitter dalam berkampanye sebagai Calon Presiden Amerika Serikat ke-44 pada tahun 2009 silam. Juga, seperti artis-artis Hollywood yang memanfaatkan Twitter dalam berpromosi.

Terlepas dari dua contoh elemen masyarakat di atas, sebenarnya, bagaimana cara masyarakat dunia dalam menggunakan Twitter? Berikut data infografis terbaru Twitter (tahun 2014-2015) sebagaimana dikutip dari Daily Infographic.

Saat ini, Twitter memiliki 302 juta pengguna aktif yang 80 persennya berasal dari perangkat mobile. Dari angka itu, 37 persen pengguna Twitter berusia 18-29 tahun, sedangkan 25 persen lainnya berada di rentan usia 30-49 tahun.

Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak itu, Twitter menerima kicauan sebanyak 500 juta setiap harinya. Sebanyak 68 persen berupa kicauan balasan, 26 persen berupa kicauan, dan 6 persen adalah kicauan ulang.

Bicara soal Twitter, maka akan identik dengan hashtag. Di sepanjang tahun ini, hashtag Super Bowl XLIX menjadi yang terbanyak dengan 25,1 juta kicauan. Sementara itu posisi kedua diisi oleh Grammys dengan 13,4 juta kicauan dan SNL 40th Anniversary Special di posisi ketiga dengan 1,3 juta kicauan.

Meski berbasis di AS, 77 persen pengguna Twitter bukan berasal dari AS itu sendiri, di mana 33 persennya masih didominasi oleh Asia Pasifik. Sementara itu, Amerika Latin menjadi wilayah dengan pertumbuhan pengguna Twitter tercepat di dunia.

(brl/red)