WHO: TBC adalah 'saingan baru' AIDS

WHO: TBC adalah 'saingan baru' AIDS

Techno.id - Siapapun mengetahui, bahwa AIDS adalah penyakit yang paling berbahaya dan mematikan. Hingga kini, obat untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini masih diteliti dan disempurnakan. Namun tahukah Anda jika ternyata ada penyakit lama yang jadi 'saingan' AIDS?

Badan kesehatan dunia, WHO, menetapkan bahwa penyakit yang perlu diwaspadai selain AIDS adalah Tuberculosis. Seperti yang diberitakan oleh Scientific American pada hari Rabu (28/10/15) lalu, mereka mengumpulkan data sejak tahun 2014 lalu terkait 2 penyakit tersebut.

WHO: TBC adalah 'saingan baru' AIDS

Tahun lalu, tercatat 1,1 juta orang meninggal karena TBC. Dalam kurun waktu yang sama, setidaknya 1,2 juta orang meninggal karena AIDS, dan 400 ribu di antaranya adalah pengidap 2 penyakit tersebut.

Kepala program TBC WHO, Dr. Mario Raviglione mengatakan bahwa dalam dekade terakhir ini, angka penderita TBC juga naik secara signifikan, seiring dengan naiknya angka pengidap HIV/AIDS.

Pada tahun 2014 lalu, terdapat setidaknya 6 juta kasus baru terkait TBC. Penanggulangan terhadap penyakit yang satu ini masih terus dikembangkan hingga kini. Mario juga menambahkan, bahwa inilah saatnya untuk membuat TBC bukan lagi menjadi sebuah penyebab kematian global.

(brl/red)