CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 5 Maret 2016 05:00

Teleskop Hubble berhasil tangkap citra galaksi terjauh dari bimasakti

Disebutkan jika teleskop legendaris itu mampu menangkap citra galaksi yang jaraknya sekitar 13,4 miliar tahun cahaya dari bimasakti.

Teleskop Hubble berhasil tangkap citra galaksi terjauh dari bimasakti

Techno.id - Teleskop luar angkasa Hubble dilaporkan telah berhasil menangkap citra atau gambar dari sebuah galaksi yang jaraknya sekitar 13,4 miliar tahun cahaya dari galaksi bimasakti atau sistem tata surya. Pihak NASA yang mengoperasikan teleskop legendaris ini mengatakan jika citra galaksi tersebut adalah citra terjauh yang mampu ditangkap oleh Hubble hingga saat ini.

"Ini merupakan prestasi luar biasa bagi Hubble. Citra yang berhasil ditangkap ini berhasil mengalahkan semua catatan jarak yang sebelumnya berhasil dipegang oleh teleskop berbasis darat lainnya yang ukurannya jauh lebih besar," ujar Pieter van Dokkum, peneliti dari Yale University.

Dari data yang berhasil dikumpulkan oleh Hubble, galaksi yang bernama GN-Z11 itu memiliki ukuran yang cukup kecil, sekitar 25 kali lebih kecil dari galaksi bimasakti. Namun menariknya, galaksi tersebut malah bisa menciptakan bintang-bintang baru sekitar 20 kali lebih cepat ketimbang galaksi bimasakti.

Selain itu, menurut data dari Hubble sebagaimana dilansir oleh CNET (3/3/16), galaksi GN-Z11 juga diketahui terbentuk 400 juta tahun setelah alam semesta ini terbentuk atau sekitar 12,8 miliar setelah galaksi bimasakti terbentuk.

Setelah keberhasilan yang dicatat oleh teleskop Hubble ini, pihak NASA dilaporkan akan segera membuat teleksop baru yang memiliki kemampuan jauh lebih baik. Yang terdekat, NASA dilaporkan akan segera meluncurkan teleskop James Webb untuk mendukung kinerja badan antariksa Amerika tersebut untuk menyelidiki misteri pembentukan alam semesta. 

Citra galaksi GN-Z11 yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble
© 2016 NASA, ESA, P. Oesch (Yale University), G. Brammer (STScI), P. van Dokkum (Yale University), dan G. Illingworth (University of California, Santa Cruz)

 

WHAT TO READ NEXT ?