CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 28 September 2015 19:00

Telah mengorbit, satelit LAPAN A2 siap jalankan misi

Satelit seberat 76kg tersebut dikabarkan sukses mengorbit bersamaan dengan astrosat milik India dan enam satelit nano milik Kanada dan Amerika.

Telah mengorbit, satelit LAPAN A2 siap jalankan misi

Techno.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional resmi mengumumkan jika satelit LAPAN A2/Orari telah mengorbit di ketinggian 650,16km. Satelit seberat 76kg tersebut dikabarkan sukses mengorbit bersamaan dengan astrosat milik India berbobot 1,5ton dan enam satelit nano milik Kanada dan Amerika.

Seperti dikutip dari Antara (28/9/15), Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN mengungkapkan bahwa satelit mikro LAPAN A2 tersebut membawa sejumlah perangkat pengamatan seperti video dan kamera digital untuk mengambil gambar bumi dari orbit ekuator dengan inklinasi enam derajat. Selain itu, LAPAN A2 juga membawa sistem pelacakan kapal dan peralatan radio amatir yang khusus nantinya digunakan untuk pengamatan kapal dan pulau terluar di Indonesia.

Nah, untuk memuluskan rencananya tersebut kini pihak LAPAN dikabarkan sedang menguji fungsi dengan mengunduh data Power Control Unit Telemetry yang memberi informasi konsumsi daya listrik dan temperatur tiap komponen listrik. Selain itu, LAPAN juga dikabarkan sedang menguji komunikasi melalui satelit bekerja sama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI).

Sekadar informasi, satelit LAPAN A2 ini sebenarnya memiliki fungsi 80 persen eksperimen dan 20 persen operasional dan dikabarkan akan melintasi wilayah Indonesia 14 kali setiap harinya dengan periode orbit 100 menit.

 

 

WHAT TO READ NEXT ?