CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 3 Januari 2016 19:00

Telah ditemukan elektrolit hybrid, masa depan untuk baterai lithium

Elektrolit hybrid diklaim akan membuat baterai lithium-ion menjadi lebih padat, aman, dan tahan lama.

Telah ditemukan elektrolit hybrid, masa depan untuk baterai lithium

Techno.id - Nitash Balsara dari Berkeley Labs dan Joseph DeSimone dari University of North Carolina baru-baru ini mengungkapkan telah menemukan elektrolit yang dapat sangat bermanfaat untuk masa depan baterai lithium-ion. Dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, kedua peneliti itu menjelaskan jika elektrolit buatannya itu mampu menjaga daya tahan baterai dan juga aman untuk digunakan.

Seperti dikutip dari ScienceDaily (21/12/15), elektrolit hybrid buatan Balsara dan DeSimone itu terbuat dari dua elektrolit padat yang sangat konduktif yakni polimer dan kaca. Bahan yang digunakan tersebut diklaim mampu membuat baterai cepat beradaptasi dan bertahan pada suhu ruangan.

Elektrolit hybrid ini diklaim bakal membuat kinerja atau performa baterai menjadi lebih baik. Baterai dengan elektrolit hybrid ciptaan dua peneliti ini diklaim akan lebih hemat energi dan tentunya aman digunakan ketimbang baterai dengan bahan elektrolit cair seperti banyak digunakan saat ini.

Kendati demikian, para peneliti mengungkapkan jika elektrolit hybrid besutannya ini masih perlu melalui beragam uji. Elektrolit berbahan dasar campuran polimer dan kaca itu menurut peneliti harus stabil saat dipasangkan dengan bahan lainnya, terutama dua kandidat katoda yang baru saja dikembangkan yakni sulfur dan nikel, lithium, kobalt, oksida, dan mangan.

WHAT TO READ NEXT ?