Sony kembangkan baterai smartphone sulfur lebih baik dari lithium-ion

Sony kembangkan baterai smartphone sulfur lebih baik dari lithium-ion

Techno.id - Dari dulu, kemajuan di sektor teknologi baterai kurang mendapat perhatian dari para vendor, namun tidak untuk Sony. Belakangan ini, Sony mengembangkan baterai untuk smartphone. Baterai tersebut merupakan baterai sulfur tipe baru yang dapat meningkatkan masa pemakaian hingga 40 persen.

Bahkan, konon katanya, baterai buatan Sony ini lebih baik bila dibandingkan dengan baterai lithium-ion. Pasalnya, baterai Sony menggunakan senyawa bahan kimia sulfur dan bukan senyawa lithium yang biasa digunakan pada elektroda positif. Terlebih, baterai yang menggunakan senyawa sulfur memungkinkan energi yang tersimpan bisa lebih besar.

Selain itu, baterai besutan Sony ini kabarnya juga dapat dibuat lebih kecil dari baterai lithium-ion sampai 30 persen. Namun, kemampuannya tetap sama dengan baterai lithium-ion pada umumnya. Sony juga memastikan bahwa baterai berbahan sulfur tersebut cukup aman untuk penggunaan komersial.

Diperkirakan, Sony akan menggunakan baterai tersebut di berbagai perangkatnya pada tahun 2020. Sambil menunggu saat itu tiba, para konsumen bisa memakai teknologi fast charging, seperti yang dilansir oleh Hothardware (18/12/2015).

(brl/red)