CONNECT WITH US
Erick |
 30 November 2015 17:00

Laptop unik ini bertugas untuk mengetahui keberadaan alien!

Seperti apa sih laptop yang bisa digunakan untuk meneliti tanda-tanda kehidupan tersebut?

Laptop unik ini bertugas untuk mengetahui keberadaan alien!

Techno.id - NASA memang memiliki banyak proyek unik yang tentu saja bertujuan untuk membantu umat manusia. Selain membangun pesawat ulang alik atau robot, NASA ternyata juga telah membuat sebuah kotak pintar yang bernama Chemical Laptop. Apa gunanya?

Sesuai dengan namanya, laptop ini berfungsi untuk membantu penelitian di lab kimia milik NASA. Seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari hari Sabtu (28/11/15) lalu, laptop ini bertugas untuk menemukan molekul yang berhubungan dengan tanda-tanda kehidupan.

Laptop ini didesain untuk mengetahui kadar asam amino dan asam lemak yang merupakan kunci dari protein dan membran sel. Tak dibawa ke planet lain, laptop ini bertugas di bumi, untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda kehidupan lain yang telah 'mampir' ke bumi selain manusia dan hewan.

Nantinya, laptop ini juga digunakan untuk meneliti material yang dibawa dari planet lain dan dibandingkan dengan hasil yang didapat dari bumi. Untuk sementara waktu, Chemical Laptop ini masih digunakan untuk meneliti beberapa sample yang didapat di sekitar habitat manusia, misalnya saja air.

"Benda ini akan jadi barang bukti paling baik untuk mengetahui keberadaan makhluk lain di luar sana," ujar Jessica Creamer, salah seorang ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory, NASA. Ia juga menambahkan, bahwa tugas laptop ini di bumi adalah bagian dari tugas di masa yang akan datang, sebelum CHemical Laptop dibawa pergi menjelajah ruang angkasa suatu hari nanti.

 

WHAT TO READ NEXT ?