Ini penyebab black hole pancarkan sinar terang

Techno.id - Gambaran tentang black hole sudah diketahui oleh hampir semua penduduk dunia. Entah melalui teleskop atau hanya sebuah foto, black hole digambarkan memiliki cahaya terang yang berpendar ke asteroid lain di sekitarnya.

Pertanyaan yang belum terjawab adalah, apa yang menyebabkan flare tersebut? Dari mana asal cahayanya? Sebuah penelitian dilakukan oleh NASA's Swift Observatory and The Nuclear Spectrospic Telescope Array (NuTSAR) untuk menjawab pertanyaan besar tersebut.

Seperti yang diberitakan oleh Popular Science pada hari Rabu (28/10/15), para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa flare disebabkan oleh sinar gamma dan sinar X. Meerka juga menemukan bahwa ada sebuah flare besar yang keuar dari black hole pada bulan September 2014 lalu yang kemudian diberi nama Markarian 335.

Ini penyebab black hole pancarkan sinar terang

Para ilmuwan di NuTSAR mengatakan telah menemukan bukti bahwa black hole melepaskan corona, dan menyebabkan flare yang sangat terang sehingga tampak dari bumi.

"Ini adalah pertama kalinya kami bisa menyaksikan pelepasancorona sebelum akhirnya menciptakan flare," ujar Dan Wilkins, salah seorang ilmuwan dari Saint Mary University, Halifax, Canada.

Well, setidaknya, pertanyaan besar tersebut telah terjawab, dan pertanyaan berikutnya pun muncul, mengapa black hole melepaskan corona?