Dua kawah besar di Swedia menandakan meteor ganda jatuh 458 juta tahun

Dua kawah besar di Swedia menandakan meteor ganda jatuh 458 juta tahun

Techno.id - Dua buah kawah besar dengan ukuran lebar 7,5 km ditemukan di daerah Jmtland, Swedia. Kedua kawah besar ini memiliki jarak beberapa kilometer saja sehingga kedua kawah ini diduga adalah bekas jatuhnya meteor ganda yang menghantam bumi beberapa juta tahun yang lalu.

"Sekitar 470 tahun yang lalu, dua asteroid besar bertabrakan di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Sehingga banyak pecahan dan fragmennya terlempar ke orbit baru dan jatuh ke bumi," jelas Erik Sturkell, ahli geologis dikutip dari Gizmodo.com (13/09/15).

Jmtland kini menjadi lahan kering, namun 458 tahun yang lalu dataran tersebut adalah dasar laut dengan kedalaman 500 meter. Kejadian ini adalah hal yang tidak biasa, ini adalah dampak pertama di bumi yang pernah dibuktikan.

Sturkell dan para ilmuwan lain juga membandingkan lapisan batuan dan sedimen kedua kawah tersebut yang dikatakan memiliki usia yang sama pada lapisan pertama dan lapisan keduanya. Dengan kata lain, ini adalah dampak simultan dan mengarah ke hantaman meteor ganda.

(brl/red)