Lenovo Legion Pro 7 dan Pro 7i resmi dirilis, laptop gaming dengan sistem Ai atasi FPS drop

Lenovo Legion Pro 7 dan Pro 7i resmi dirilis, laptop gaming dengan sistem Ai atasi FPS drop

Techno.id - Lenovo secara resmi merilis laptop gaming terbarunya, di ajang CES 2023 Las Vegas, Amerika Serikat. Lenovo memperkenalkan produk terbaru Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 7. Secara keseluruhan laptop ini membawa sejumlah teknologi baru.

Lenovo berujar bahwa kedua laptop ini dibekali dengan chip khusus dengan sistem kecerdasan buatan atau AI. Teknologi AI yang ditanamkan bernama Lenovo LA AI Chip. Bahkan chip tersebut diklaim menjadi chip khusus pertama di dunia laptop gaming.

Lenovo LA AI Chip bekerja untuk menerapkan algoritma software machine learning dalam kinerja sistem. Chip dapat memantau frame per second atau lebih dikenal dengan FPS saat laptop dipacu.

Chip AI dan software machine learning dapat memberikan peningkatan Thermal Design Power atau TDP hingga 15%. Selain itu, laptop Lenovo anyar ini dibekali dengan software derless hard tracking Tobii Horizon. Tentu berbagai software yang dipasang bertujuan untuk memberikan pengalaman luar biasa kepada pengguna saat memainkan sejumlah game.

Kemudian peningkatan juga diberikan dalam sistem pendinginan. Baik Legion Pro 7i dan Pro 7 didukung dengan sistem cooler Legion Coldfront 5.0 Hybrid Thermal. Kemudian, di masing-masing CPU maupun GPU terdapat liquid metal dan vapor chamber berukuran besar. Bahkan sistem pendingin terbaru mampu menangani output TDP hingga 235W.

Lantas bagaimana dengan spek dari laptop gaming kelas flagship tersebut? Berikut techno.id sajikan rincian spesifikasi laptop gaming Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion 7 Pro yang dirangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (17/1).

Spesifikasi Lenovo Legion Pro 7i.

Lenovo Legion Pro 7 dan Pro 7i resmi dirilis, laptop gaming dengan sistem Ai atasi FPS drop

foto: lenovo.com

Lenovo masih membawa basic desain dari laptop gaming Legion 7 series sebelumnya. Namun untuk Legion Pro 7i menjadi varian dengan spek paling tinggi. Laptop ini dibekali dengan dua opsi prosesor, antara lain CPU Intel Core Gen-13 i9-13900HX dan i7-13700HX. Kemudian untuk urusan grafis mengusung tiga opsi GPU yaitu Nvidia GeForce RTX seri 4090, 4080, dan 4070.

Kemudian prosesor didukung oleh RAM tipe DDR5 sebesar 32 GB. Sedangkan untuk memori internal mencapai kapasitas 2 TB. Dengan kombinasi CPU dan kapasitas penyimpanannya, Lenovo mengklaim bahwa laptop ini dapat mencapai clock 6 GHz.

Di bagian tampilan grafis, laptop ini menggunakan layar tipe IPS berukuran 16 inci. Layar mampu memberikan tampilan grafis resolusi WQXGA 2.560 X 1.600 pixel, di rasio layar 16:10. Kemudian screen dapat memberikan kecerahan hingga 100 nits, 100 RGB, dan menggunakan teknologi Display HDR 400. Layar juga membawa racikan dari Dolby Vision dan telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland serta X-Rite Pantone.

Lenovo untuk laptop gaming Legion Pro 7i menggunakan sistem operasi dari Windows 11 Pro dan Windows 11 Home. Terdapat baterai dengan kapasitas 99,9 Whr, dan mendukung pengisian daya cepat Super Rapid Charge. Lenovo mengklaim pengisian daya dapat dilakukan dalam waktu 60 menit saja.

Lenovo Legion Pro 7i ditawarkan hanya dalam satu varian warna saja, yaitu Onyx Grey. Terdapat fitur pendukung seperti kamera depan untuk melakukan konferensi video, port USB-C, USB-A, HDMI 2.1, speaker Harman Super Linear, dual-microphone, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi 6E.

Spesifikasi Lenovo Legion Pro 7.

Lenovo Legion Pro 7 dan Pro 7i resmi dirilis, laptop gaming dengan sistem Ai atasi FPS drop

foto: lenovo.com

Laptop gaming tipe Lenovo Legion Pro 7 menjadi varian paling bawah. Kendati demikian, Lenovo tetap memberikan kapasitas mumpuni untuk laptop ini. Laptop Legion Pro 7 mengusung layar tipe IPS dengan ukuran 16 inchi. Resolusi layar yang diberikan juga mencapai WQXGA, dan tetap mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland serta X-Rite Pantone.

Perbedaan mendasar spek yang dibawa laptop Legion 7 Pro ada di sektor dapur pacu. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 7945HX. Kemudian opsi GPU yang disediakan hanya Nvidia GeForce RTX 4090 dan RTX 4080 saja. Lenovo memberikan sokongan dapur pacu dengan RAM 32 GB clock 6 GHz. Sedangkan sistem operasi sudah menggunakan Windows 11 Pro dan Windows 11 Home.

Di sektor suplai daya, Legion 7 Pro tetap membawa baterai 99,9 Whr. Tak ketinggalan Lenovo membekali perangkat dengan fast charging Super Rapid Charge, yang dapat mengisi daya penuh dalam waktu 60 menit.

Lenovo memberikan fitur cukup lengkap seperti kamera depan untuk melakukan konferensi video, port USB-C, USB-A, HDMI 2.1, speaker Harman Super Linear, dual-microphone, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi 6E. Namun sayangnya perangkat ini hanya mempunyai slot USB-A sejumlah dua saja. Berbeda dari seri Pro 7i, yang menyediakan tiga slot.

Sama halnya dengan seri Lenovo Legion Pro 7i, laptop Legion Pro 7 Pro hanya tersedia dalam varian Onyx Grey saja. Belum diketahui secara pasti berapa harga dari laptop ini. Namun yang jelas Lenovo bakal menggelontorkan kedua laptop ini di pasaran pada April 2023 mendatang.


(brl/guf)