Gimbal stabilizer DJI RS 3 Mini resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Gimbal stabilizer DJI RS 3 Mini resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - DJI merupakan salah satu perusahaan besar yang berfokus di sektor piranti kamera. Berbagai produk seperti drone, action camera, hingga gimbal stabilizer telah banyak dirilis oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Belum lama ini DJI kembali merilis produk anyar di sektor gimbal stabilizer dengan nama DJI RS 3 Mini. Sesuai namanya, DJI RS 3 Mini merupakan gimbal stabilizer yang hadir dengan dimensi ringkas dan mudah dibawa. Tak hanya mengunggulkan sektor desain semata, DJI RS 3 Mini juga memiliki spesifikasi tinggi lain yang menarik untuk dibahas.

Bluetooth Shutter Control, Full-Color Touchscreen 1.4 inch, 3rd-Gen RS Stabilization Algorithm, Native Vertical Shooting, dan masih banyak lagi merupakan beberapa fitur menarik yang ada pada gimbal stabilizer ini. Dengan banyaknya fitur yang ada, hasil perekaman video yang dapat diambil menggunakan gimbal tersebut tentu akan semakin mulus.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (16/1), spesifikasi DJI RS 3 Mini.

Spesifikasi DJI RS 3 Mini

Gimbal stabilizer DJI RS 3 Mini resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: dji.com

DJI RS 3 Mini merupakan sebuah gimbal stabilizer yang memiliki tampilan minimalis dengan dominasi warna hitam yang membuatnya terkesan elegan. Secara ukuran, DJI RS 3 Mini diklaim lebih kecil 50% dari DJI RS 3. Nyatanya, DJI RS 3 Mini memiliki dimensi 323 195 98 mm (folded), dan 180 159 296 mm (unfolded) dengan bobot 795 g. Untuk sebuah gimbal stabilizer bobot kurang dari 1 kg tentu memberikan kenyamanan maksimal saat merekam berbagai video.

Bicara perekaman video, DJI RS 3 Mini telah mampu dioperasikan pada beebagai jenis kamera seperti Sony A7S3/A7M4/A7C, Canon EOS R5, Nikon Z7 II, Panasonic S5, Sony A6400, Canon EOS R7, Nikon Z50, serta Fuji X-T30 II. Dengan banyaknya model kamera yang didukung gimbal stabilizer satu ini, DJI RS 3 Mini menjadi salah satu gimbal stabilizer yang mendukung banyak perangkat. Dengan banyaknya perangkat yang bisa dipasangi DJI RS 3 Mini, setiap pengguna tidak perlu khawatir jika memiliki banyak kamera.

Gimbal stabilizer DJI RS 3 Mini resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: dji.com

Tak hanya dapat digunakan oleh banyak kamera, DJI RS 3 Mini juga memiliki fitur New Dual-Layered Quick-Release Plate. Fitur satu ini pada dasarnya merupakan sebuah lempengan yang membuat setiap kamera bisa diposisikan dengan mudah sesuai kebutuhan. Modul pengunci yang ada pada New Dual-Layered Quick-Release Plate bisa dilepas pasang dengan sangat mudah untuk mengubah posisi penempatan kamera yang digunakan. Sederhananya, New Dual-Layered Quick-Release Plate merupakan fitur yang tersedia pada DJI RS 3 Mini untuk mengubah posisi kamera dari vertikal ke horizontal, maupun sebaliknya.

Bagian yang paling utama dari sebuah gimbal stabilizer adalah kestabilan perangkat tersebut untuk meminimalisir gerakan dan getaran yang dapat membuat video kurang stabil. DJI mengklaim bahwa 3rd-Gen RS Stabilization algorithm yang disematkan pada RS 3 Mini bisa se stabil seperti menggunakan RS 3 Pro. Dari video yang dilampirkan pada website resminya, 3rd-Gen RS Stabilization algorithm pada DJI RS 3 Mini memang berfungsi dengan sangat baik. Bagi pengguna yang menginginkan perekaman video cinematik, gimbal stabilizer satu ini tentu patut untuk dilirik.

Gimbal stabilizer DJI RS 3 Mini resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: dji.com

Tak hanya memiliki sistem stabilisasi jempolan, DJI RS 3 Mini juga memiliki sederet fitur menarik lain seperti layar 1.4 inch Full-Color Touchscreen pada belakang gagang genggaman. Layar kecil yang disematkan pada DJI RS 3 Mini pada dasarnya bisa dimanfaatkan untuk memudahkan setiap pengguna saat mengakses menu yang ada. Dukungan touchscreen yang diberikan DJI tentu menjadi poin menarik yang membuat penggantian menu pada RS 3 Mini akan nyaman meski sedang dalam kondisi merekam.

Agar gimbal stabilizer satu ini semakin menarik, DJI menyematkan Bluetooth 5.1 yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan setiap perangkat yang dimiliki. Tak lupa, port USB-C yang berfungsi sebagai charging juga ada pada gimbal satu ini. Bicara charging, DJI RS 3 Mini dibekali dengan baterai berkapasitas besar di angka 2450mAh. Dengan kapasitas tersebut, DJI mengklaim bahwa RS 3 Mini dapat dioperasikan hingga 10 jam. Untuk sebuah gimbal stabilizer, angka tersebut tentu termasuk tinggi.

Gimbal stabilizer DJI RS 3 Mini resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: dji.com

Harga dari DJI RS 3 Mini sendiri akan bermain di kisaran $369 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 5,5 jutaan untuk versi global. Dengan spesifikasi menarik yang dibawakan, harga tersebut tentu terbilang masih wajar.


(brl/guf)