Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6 rilis, intip spesifikasi dan harga

Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6 rilis, intip spesifikasi dan harga

Techno.id - Mendengar nama DJI, mungkin ada beberapa hal yang terbayangkan seperti barang elektronik, gimbal stabilizer, camera drone, dan lain sebagainya. Tak bisa dipungkiri, DJI memang merupakan perusahaan yang bergerak untuk menghasilkan berbagai piranti menarik berkaitan dengan kamera. Bermarkas di Shenzhen, Guangdong yang didirikan pada 2006 silam, DJI telah meramaikan pasar elektronik khususnya gimbal stabilizer dan camera drone.

Kini DJI kembali merilis produk anyar di sektor gimbal stabilizer yang hadir dengan spesifikasi menarik. DJI Osmo Mobile 6 digadang sebagai gimbal stabilizer baru yang memiliki spesifikasi mumpuni. Sebagai suksesor Osmo Mobile 5, DJI Osmo Mobile 6 tentu hadir dengan berbagai pembaruan.

Penambahan fitur, ubahan desain, hingga koneksi yang diperbarui membuat Osmo Mobile 6 patut untuk dilirik. Bagi konten kreator profesional atau orang yang ingin berkecimpung di dunia foto dan videografi tentu perlu melirik spesifikasi yang ada pada Osmo Mobile 6.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (27/9) Spesifikasi lengkap dan harga dari DJI Osmo Mobile 6.

Spesifikasi DJI Osmo Mobile 6

Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6 rilis, intip spesifikasi dan harga

foto: dji.com

Sesuai namanya DJI Osmo Mobile 6 merupakan gimbal stabilizer yang bisa dioperasikan pada smartphone. Bagian utama yang paling nampak dari DJI Osmo Mobile 6 tentu ada di bagian desain. Varian warna Slate Gray memiliki kesan simpel namun mewah. Dimensi dari Osmo Mobile 6 sendiri berada di angka 276111.599 mm ketika tidak dilipat. Sedangkan ketika dilipat gimbal stabilizer satu ini memiliki dimensi 18984.544 mm.

Bicara soal dimensi, tentu tidak lengkap jika tidak membahas bobot. DJI Osmo Mobile 6 sendiri memiliki bobot 309 g gimbal only dan 31 g untuk Magnetic Phone Clamp yang digunakan. Pada website resminya, DJI juga memberikan informasi mengenai smartphone yang bisa dipasang pada Osmo Mobile 6. Gimbal stabilizer satu ini bisa dipasang pada perangkat dengan berat 170-290 g, ketebalan 6.9-10 mm, dan lebar 67-84 mm.

Masih membahas soal desain, DJI Osmo Mobile 6 dibekali dengan Extension Rod yang bisa memperpanjang gimbal stabilizer satu ini. Tidak hanya itu, DJI juga membekali Osmo Mobile 6 dengan DJI OM Grip Tripod yang bisa dibeli secara terpisah untuk memudahkan pengambilan gambar maupun video tanpa bantuan orang lain.

Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6 rilis, intip spesifikasi dan harga

foto: dji.com

Selesai membahas desain, kini gantian penjabaran mengenai fitur pada DJI Osmo Mobile 6. Gimbal stabilizer ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya mudah dioperasikan. Osmo Mobile 6 hadir dengan side wheel pada sisi kiri yang bisa digunakan untuk mengatur fokus dengan mudah. Tidak hanya itu, fitur Quick Switch to Portrait yang bisa diaktifkan hanya dengan menekan tombol pada perangkat ini memudahkan setiap pengguna ketika ingin berpindah dari landscape ke potrait.

Kemudahan ini tentu didukung dengan penggunaan komponen yang bisa diputar Pan: -161.64 to 173.79, Roll: -120.30 to 211.97, serta Tilt: -101.64 to 78.55. Terlebih DJI memberikan kecepatan perputaran hingga 120/s. Dengan luasnya jangkauan dan kecepatan putar yang tinggi, setiap pengguna bisa dengan mudah mengoperasikan gimbal stabilizer ini ke hampir segala arah.

Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6 rilis, intip spesifikasi dan harga

foto: dji.com

Fitur pada DJI Osmo Mobile 6 tentu tidak habis disini. Melalui aplikasi DJI Mimo, setiap pengguna baru diberikan petunjuk penggunaan melalui ShotGuides yang akan membuat hasil rekaman video menjadi terlihat seperti profesional. Tidak hanya itu, hasil rekaman yang sudah ditangkap juga bisa langsung diedit menggunakan LightCut App agar memberikan hasil akhir yang maksimal.

Agar Osmo Mobile 6 bisa digunakan dengan nyaman, DJI memberikan koneksi wireless menggunakan Bluetooth 5.1. Salah satu Bluetooth versi terbaru ini tentu memudahkan setiap pengguna untuk menghubungkan Osmo Mobile 6 dengan perangkat yang dimiliki. Sebagai penerus generasi sebelumnya, Bluetooth 5.1 tentu hadir dengan kecepatan dan kestabilan lebih baik ketika dihubungkan dengan perangkat.

Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6 rilis, intip spesifikasi dan harga

foto: dji.com

Untuk memaksimalkan Bluetooth 5.1 yang ada pada Osmo Mobile 6, DJI memberikan baterai berkapasitas besar pada gimbal stabilizer satu ini. DJI Osmo Mobile 6 hadir dengan baterai berkapasitas 1000 mAh Lithium-Ion Polymer 2S. Di atas kertas, kapasitas baterai pada Osmo Mobile 6 mampu membuat gimbal stabilizer satu ini bertahan hingga 6 jam 24 menit. Untuk sebuah gimbal stabilizer keluaran baru, angka yang dicapai tentu tidak bisa dibilang sebentar. Terlebih DJi membekali charging 10W Type C yang mampu mengisi daya Osmo Mobile 6 selama 1 jam 24 menit agar terisi penuh.

Harga dari DJI Osmo Mobile 6 sendiri akan bermain di angka $159 atau setara Rp 2,4 jutaan. Melirik spesifikasi yang dibawakan, harga ini tentu masih tergolong masuk akal dan ramah dikantong. Terlebih DJI memberikan beberapa aksesori tambahan yang dijual secara terpisah seperti DJI OM Magnetic Phone Clamp 3, DJI OM Fill Light Phone Clamp, DJI OM Grip Tripod, serta DJI Mic untuk mempermudah penggunaan gimbal stabilizer satu ini.


(brl/guf)