Chipset MediaTek Genio 700 resmi diumumkan, ini spesifikasi lengkap dan fiturnya

Chipset MediaTek Genio 700 resmi diumumkan, ini spesifikasi lengkap dan fiturnya

Techno.id - MediaTek tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Menilik lebih detail, MediaTek merupakan salah satu perusahaan besar asal Taiwan yang telah berkecimpung sejak lama di sektor penyedia chip.

Belum lama ini secara resmi MediaTek meluncurkan chipset baru dengan spesifikasi yang cukup tinggi. MediaTek Genio 700 merupakan chipset anyar yang menyasar sektor dapur pacu pada banyak perangkat elektronik. Di atas kertas, spesifikasi MediaTek Genio 700 memang bukan yang paling tinggi. Namun performa chipset ini tentu bisa diandalkan sebagai otak dari berbagai perangkat elektronik.

Tak hanya memiliki kemampuan cukup mumpuni, MediaTek Genio 700 juga hadir dengan beberapa dukungan menarik seperti RAM dengan modul LPDDR4X, Display Support, sistem keamanan tinggi, dan masih banyak lagi merupakan beberapa nilai jual utama dari chipset satu ini.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (4/1), spesifikasi lengkap dan fitur MediaTek Genio 700.

Spesifikasi MediaTek Genio 700

Chipset MediaTek Genio 700 resmi diumumkan, ini spesifikasi lengkap dan fiturnya

foto: mediatek.com

MediaTek Genio 700 merupakan sebuah chipset yang ditujukan untuk banyak barang elektronik unggulan. Dari laman resminya, MediaTek menuliskan bahwa Genio 700 akan menjadi otak dari beberapa produk elektronik seperti Smart Retail (Digital signage, desktop POS), Industrial (Edge AI, IoT gateway, HMI), dan Smart Home (Fitness, smart home appliances).

Banyaknya jenis perangkat yang bisa ditenagai oleh MediaTek Genio 700 tentu memberikan keleluasaan pada banyak developer barang elektronik untuk menjajal performa chipset satu ini. Nyatanya MediaTek Genio 700 merupakan chipset yang ditujukan untuk menyasar sektor High-performance edge-AI IoT. MediaTek mengklaim bahwa Genio 700 memiliki kemampuan responsif untuk kegiatan edge processing, advanced multimedia, multi-tasking OS, dan masih banyak lagi.

Kemampuan unggul tersebut tentu bukan tanpa alasan. Chipset satu ini hadir dengan spesifikasi yang bisa dibilang mumpuni. Mengusung CPU 4 x ARM Cortex A78, 2.2 GHz dan 6 x ARM Cortex A55, 2.0 GHz serta GPU ARM Mali-G57 MC3 dengan dukungan OpenGL/CL/Vulkan. Melirik spesifikasi yang dibawakan, performa MediaTek Genio 700 tentu lebih dari mampu untuk mengerjakan berbagai perintah berat dengan mudah.

CPU dengan 4 x ARM Cortex A78 tentu bukan kelas rendah yang memiliki performa rendah. Tak hanya itu, MediaTek Genio 700 juga memiliki 6 x ARM Cortex A55 yang membuat performa chipset satu ini menjadi lebih stabil. Maka tidak heran jika MediaTek Genio 700 ditujukan untuk mendongkrak performa berbagai perangkat elektronik.

Chipset MediaTek Genio 700 resmi diumumkan, ini spesifikasi lengkap dan fiturnya

foto: mediatek.com

Tidak hanya memiliki CPU dan GPU dengan kualitas unggulan, MediaTek Genio 700 juga hadir dengan dukungan Memory atau RAM yang cukup tinggi. MediaTek mengklaim bahwa Genio 700 memiliki kemampuan untuk menggunakan memory atau RAM dengan jenis 4-channel LPDDR4X 3733 Mbps up to 8GB. Dengan spesifikasi RAM tersebut, performa MediaTek Genio 700 tentu bisa dimaksimalkan untuk bekerja lebih keras.

Tak hanya memiliki dukungan RAM dengan spesifikasi tinggi, MediaTek Genio 700 juga memiliki dukungan lebih terhadap kualitas Video & Display. MediaTek Genio 700 mendukung Display support up to one 4K dan one 2K dengan Internal display interface MIPI-DSI/eDP dan External display interface HDMI/DP.

Kualitas video dan display tersebut tentu termasuk tinggi untuk sebuah chipset. Meski setiap pabrikan bisa dengan bebas membatasi performa yang dihasilkan nantinya, namun kemampuan MediaTek Genio 700 sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik.

Selain dukungan Video & Display dengan spesifikasi tinggi, MediaTek Genio 700 juga hadir dengan dukungan banyak I/O port menarik. MediaTek Genio 700 memiliki dukungan penggunaan port x PCIe Gen2, 1x USB3.1, 2x USB2.0 OTG/Host and 1x Giga Ethernet MAC, WiFi-6 and 5G Sub-6 module, serta 3xPWM, 2x I2S for Audio. Banyaknya I/O port yang didukung pada chipset satu ini memberikan kemungkinan untuk menggunakan berbagai aksesori unggulan.

Melirik dari spesifikasi yang dibawakan, bukan tidak mungkin jika MediaTek Genio 700 akan digunakan untuk mentenagai produk elektronik seperti Smart TV, perangkat perkasiran, alat olahraga, hingga barang elektronik rumahan. Dengan dukungan spesifikasi tinggi serta koneksi yang bisa menjangkau jaringan WiFi-6 dan 5G, chipset satu ini tentu menarik untuk disematkan pada berbagai perangkat elektronik.


(brl/guf)