Oppo umumkan chip MariSilicon Y, ini kecanggihan yang dibawanya

Oppo umumkan chip MariSilicon Y, ini kecanggihan yang dibawanya

Techno.id - Oppo pada penghujung tahun 2022 menghadirkan gelaran event Inno Day. Di dalam ajang teknologi itu, Oppo memamerkan berbagai kecanggihan produk baru yang akan dirilis dalam waktu dekat. Salah satunya adalah MariSilicon Y.

Seperti diketahui, tahun lalu Oppo berhasil mengeluarkan chip MariSilicon X. Chip andalan dari Oppo tersebut merupakan ISP untuk foto dan video dalam kondisi low light atau pencahayaan yang minim.

Sedangkan MariSilicon Y adalah dibuat khusus untuk mengeluarkan audio lossless melalui Bluetooth. Lantas bagaimana kemampuan dari chip baru dari Oppo ini? Berikut techno.id sajikan kecanggihan chip MariSilicon Y yang dihimpun dari website resminya pada Jumat (16/12).

MariSilicon Y dapat mendukung audio lossless ultra clear 192 kHz/24 bit melalui Bluetooth. Bagi sobat techno yang belum tahun apa itu audio lossless, berikut penjelasannya.

Oppo umumkan chip MariSilicon Y, ini kecanggihan yang dibawanya

foto: Oppo.com

Audio lossless adalah musik tanpa kompresi. Artinya kualitas output audio dari sumber dapat dikeluarkan secara maksimal. Dapat dikatakan suara yang keluar mirip kualitas dari rekaman musik studio.

MariSilicon Y dapat mendukung audio lossless hingga output 92 kHz/24 bit. Tentu capaian tersebut cukup tinggi, mengingat beberapa chipset tak mampu mencapai tingkat tersebut. Chip ini berhasil meningkatkan data bandwidth bluetooth sebesar 50% hingga mencapai 12 Mbps.

Oppo umumkan chip MariSilicon Y, ini kecanggihan yang dibawanya

foto: Oppo.com

Oppo memberikan teknologi N6RF yang dibentuk oleh TSMC. Adanya teknologi baru tersebut membuat pemrosesan In dapat memberikan efisiensi daya transceiver hingga 66%, dan ukuran transceiver lebih kecil hingga 33%.

Lebih lanjut, Oppo mengeluarkan codec khusus untuk MariSilicon Y yaitu Ultra Resolution Lossless Codec atau URLC, dengan compression rate lebih tinggi. Kemudian terdapat teknologi Smart adaptive yang mampu memberikan code rate dari 80 Kbps hingga 10 Mbps.

MariSilicon Y juga dibekali dengan Neural Processing Unit atau NPU. Teknologi tersebut bertugas untuk memberikan pengalaman audio yang dapat dipersonalisasi menggunakan kecerdasan Ai.

Oppo umumkan chip MariSilicon Y, ini kecanggihan yang dibawanya

foto: Oppo.com

Teknologi NPU dapat melakukan pemrosesan hingga tingkat 50 GOPS. Artinya chip MariSilicon Y dapat menawarkan beberapa fitur untuk personalisasi audio khusus, termasuk Music Extraction yang dapat mengisolasi suara tertentu seperti vokal, drum, bass, dan beberapa instrumen lainnya.

MariSilicon Y menawarkan spatial audio dengan ultra latensi rendah. Oppo memberikan smart teknologi Smart Anti Interference. Teknologi chip MariSilicon Y juga mendukung platform streaming musik lossless layaknya Apple Music maupun Amazon Music. Rencananya Oppo akan membenamkan chip ini untuk produknya pada tahun 2023.


(brl/guf)