5 Fitur baru MIUI 13 pada Poco M4 Pro, tingkatkan daya tahan baterai

image

Techno.id - Salah satu perangkat yang telah berhasil diluncurkan oleh pabrikan Poco adalah Poco M4 Pro. Smartphone tersebut mempunyai spesifikasi cukup tinggi di kelas mid-range. Salah satu kelebihan yang ada pada perangkat tersebut adalah telah hadir dengan sistem operasi MIUI 13.

MIUI 13 merupakan sistem antarmuka terbaru yang telah dikembangkan oleh Xiaomi untuk produk mereka. Software tersebut dapat membantu pengguna agar dapat memaksimalkan fungsi dari sebuah handphone. Firmware MIUI 13 dibangun atas sistem operasi milik Android.

Pada perangkat Poco M4 Pro sendiri sudah terdapat pembaharuan fitur-fitur MIUI 13. Bahkan update yang dilakukan dapat memaksimalkan kinerja perangkat. Lalu fitur apa terbaru apa saja yang telah hadir di Poco M4 Pro? Kali ini techno.id pada Kamis (11/5) akan memberikan 5 fitur baru di MIUI 13 di ponsel tersebut. Yuk simak daftar lengkapnya.

1. Liquid Storage.

Update MIUI13  berbagai sumber

foto: global.miui.com

Fitur Liquid Storage bekerja pada sistem pengelolaan file di Poco M4 Pro. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi fragmentasi dan mengelola data yang tersimpan secara baik. Bahkan fitur ini dapat meningkatkan efisiensi defragmentasi hingga 60 persen. Artinya perangkat tidak akan mengalami penurunan kemampuan membaca data setelah lebih dari 36 bulan pemakaian.

Resiko perangkat mengalami penurunan performa membaca sebuah data biasanya terjadi setelah 36 bulan pemakaian. Oleh karena itu, fitur ini hadir untuk memperpanjang jangka umur perangkat hingga 95 persen. Dengan begitu pengguna dapat memakai perangkat Poco M4 Pro lebih lama tanpa penurunan performa yang signifikan.

2. Atomized Memory.

Update MIUI13  berbagai sumber

foto: global.miui.com

Fitur Atomized Memory berfungsi untuk mengelola memori dengan baik dan memberikan efisiensi pengguna RAM secara maksimal. Fitur ini memungkian untuk bekerja dalam menganalisis cara aplikasi menggunakan memori dan membagi proses penggunaan RAM mulai dari yang terpenting hingga tidak penting.

Fitur tersebut dapat menutup semua perintah yang tidak digunakan, sehingga memberikan dampak efisiensi dari penggunaan RAM. Dengan fitur tersebut pengguna dapat menjalankan lebih banyak aplikasi, terlebih Poco M4 Pro mempunyai RAM berkapasitas besar.

3. Focused Algorithms.

Update MIUI13  berbagai sumber

foto: global.miui.com

Fitur Focused Algorithms berfungsi untuk mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario pengguna. Dengan kata lain MIUI 13 dapat memberikan daya sistem maksimal untuk aplikasi yang sering dipakai oleh pengguna. Tidak adanya fitur ini akan memberikan dampak tiap aplikasi diberikan porsi yang sama. Membuat perangkat tidak efisien dan boros dalam penggunaan daya. Kemudian CPU dapat fokus dalam mengerjakan perintah-perintah penting pengguna.

4. Smart Balance.

Update MIUI13  berbagai sumber

foto: global.miui.com

Fitur Smart Balance merupakan pembaharuan sistem yang berkaitan dengan kinerja baterai. Fitur ini diberikan untuk perangkat agar secara otomatis melakukan penyeimbangan antara kinerja sistem dengan konsumsi daya. Artinya pengguna akan diberikan porsi konsumsi daya yang dibutuhkan tiap melakukan perintah pengoperasian. Dengan fitur ini baterai akan mengalami peningkatan daya tahan hingga 10 persen.

5. Sidebar.

Update MIUI13  berbagai sumber

foto: global.miui.com

Fitur Sidebar berfungsi untuk pengguna lebih mudah dalam mengakses semua aplikasi favorit pada jendela mengambang hanya dengan menggeser samping layar, tanpa menutup aplikasi yang sedang dibuka. Tentu aplikasi ini sangat menunjang aktivitas multitasking penggunaannya. Ditambah aplikasi favorit yang dapat dimasukan dalam menu Sidebar mencapai 10 aplikasi.


(brl/guf)