Silsilah keturunan ponsel flip Android pertama hingga kini

Silsilah keturunan ponsel flip Android pertama hingga kini

Saat ini, pengguna yang memakai ponsel flip mungkin dapat dihitung dengan jari. Saking minimnya peminat ponsel flip, selama bertahun-tahun para vendor gadget tidak berani untuk memproduksinya lagi. Namun, belakangan ini beberapa perusahaan teknologi mulai melahirkan ponsel flip mengingat sejarah dari penjualan ponsel flip sangat luar biasa.

Awal dari kepopuleran ponsel flip adalah saat kelahiran dari Motorola StarTAC pada tahun 1996. Kala itu, Motorola sudah menawarkan StarTAC dengan fitur getar dan baterai lithium-ion pertama di dunia. Harganya pun sungguh fantastis, ponsel besutan Motorola ini sudah dibanderol dengan harga Rp 13, 549 juta.

Namun kala itu, Motorola belum menyematkan sistem operasi Android. Memasuki pertengahan tahun 2011, ponsel flip Android pertama muncul yang ditandai dengan kelahiran Sharp Aquos 007SH. Empat tahun kemudian, LG dan Samsung meluncurkan kembali ponsel flip Android dengan spesifikasi yang tak jauh beda dengan smartphone. Ponsel-ponsel flip yang beruntung terlahir di tahun 2015 ini adalah LG Wine Smart, LG Ice Cream, LG Gentle, Samsung Galaxy Folder, Samsung Galaxy Golden, dan Samsung Galaxy Golden 2.

(brl/red)

RECOMMENDED ARTICLE