Mengenang perjalanan bersejarah Microsoft Windows selama 30 tahun

30 tahun lalu, di tanggal 20 November 1985 'anak pertama' dari Microsoft yang bernama Windows 1.0 terlahir ke dunia. Kelahiran itu adalah pijakan awal yang menuntun Microsoft menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang.

Kala itu, Windows 1.0 sudah memiliki beberapa fitur baru dalam menavigasi PC, di antaranya klik kursor dan scroll. Selain itu, Windows 1.0 juga telah menjalankan DOS 2.0, dua floppy disk drive double-sided, memori 256Kb, dan kartu grafis, seperti yang dilansir oleh TheVerge (19/11/2015).

Meski tergolong baru, namun penjualan Windows 1.0 belum bisa dikatakan sukses. Hal ini dikarenakan saat itu masih banyak pengguna yang masih terbiasa dengan antarmuka perintah DOS. Di tahun pertamanya, Windows 1.0 hanya terjual 500.000 eksemplar.

Microsoft baru bisa mencicipi nikmatnya pundi-pundi uang setelah memasuki tahun 90-an. Setelah tahun itu, Microsoft melesat naik dan berubah menjadi perusahaan paling sukses di dunia selama dua dekade berikutnya.

Untuk memperingati ulang tahun Windows 1.0 yang ke-30, mari luangkan waktu sejenak dan bernostalgia sambil mengenang perjalanan bersejarah Microsoft Windows lewat galeri indahnya.

Mengenang perjalanan bersejarah Microsoft Windows selama 30 tahun

WINDOWS XP (2001)

(brl/red)