YouTube Kids akan diluncurkan minggu depan

YouTube Kids akan diluncurkan minggu depan

Techno.id - Tak dapat dipungkiri, teknologi internet telah mengubah peradaban manusia. Hingga saat ini, 'dunia' yang tidak mengenal batas dan waktu ini sangat efektif membantu manusia untuk saling bertukar informasi.

Namun mengingat internet dapat diakses oleh segala usia, tentunya fasilitas pembatasan atau penyaringan konten akan sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti anak-anak yang dapat melihat konten dewasa.

Masalah inilah yang saat ini sedang dikerjakan oleh raksasa teknologi Google untuk salah satu layanan miliknya, situs YouTube. Dalam waktu dekat ini Google berencana untuk meluncurkan aplikasi bernama YouTube Kids bagi pengguna platform Android.

Seperti nama dari aplikasi ini, YouTube Kids memiliki fungsi utama untuk menyaring segala konten dewasa di situs YouTube dengan tujuan agar situs portal video terbesar di dunia ini aman diakses oleh siapa saja terutama anak-anak. Aplikasi ini akan sangat mudah untuk digunakan karena hanya menggunakan konsep timer sebagai cara kerjanya.

YouTube Kids akan bekerja dengan cara menghapus segala konten video dewasa, termasuk search result dan voice search. Tak hanya video, aplikasi ini juga akan menghapus segala tulisan termasuk komentar yang dianggap tak layak dipertontonkan untuk anak-anak.

Semoga dengan adanya aplikasi YouTube Kids ini, anak-anak dapat memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu media pembelajaran yang baik setelah buku.

Untuk saat ini, belum ada kabar resmi dari pihak Google bahwa aplikasi YouTube Kids juga akan tersedia untuk platform iOS. Tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya aplikasi ini juga bakal tersedia untuk pengguna produk Apple.

(brl/red)