Tips berkendara jarak jauh saat libur Lebaran menggunakan sepeda motor hybrid

Tips berkendara jarak jauh saat libur Lebaran menggunakan sepeda motor hybrid

Techno.id - Momen libur Lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga. Nah buat kamu yang memilih menggunakan sepeda motor, mempersiapkan kendaraan penting untuk dilakukan. Selain itu kondisi fisik pengendara juga harus prima, apalagi, jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan harus melintasi medan jalan yang beragam.

Nah di era teknologi seperti sekarang, menggunakan sepeda motor hybrid seperti Yamaha Fazzio Hybrid Connected memberi keuntungan tersendiri. Dibekali mesin Blue Core Hybrid 125 cc membuat tarikan sepeda motor ini lebih bertenaga namun tetap smooth serta lebih irit karena adanya tambahan tenaga listrik yang berasal dari Electric Power Assist.

Disamping itu, kamu juga tak akan kehilangan koneksi selama berkendara karena kendaraan ini dilengkapi aplikasi Y-Connect. Kamu tetap dapat terkoneksi untuk mendapatkan update notifikasi telepon dan pesan, termasuk lokasi parkir, rekomendasi perawatan mulai dari engine oil dan battery. Kamu juga bisa memantau konsumsi bahan bakar dan notifikasi malfungsi. Jadi tidak perlu khawatir kendaraan akan bermasalah di jalan.

Nah buat kamu yang merayakan Idul Fitri 2024 dengan mudik dan berlibur menggunakan sepeda motor Yamaha Fazzio Hybrid Connected, berikut tips berkendara ala Yamaha.

Tips berkendara jarak jauh saat libur Lebaran menggunakan sepeda motor hybrid foto: yamaha

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Cek kondisi motor, standar alur ban dan tekanan angin, lalu periksa juga kondisi rem harus berfungsi dengan baik. Kemudian cek juga untuk kondisi aki, lampu-lampu dan kelistrikan. Pengecekan sepeda motor sebelum perjalanan perlu dilakukan agar pengendara tenang dan nyaman saat berkendara jarak jauh. Disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi dan manfaatkan diskon atau potongan harga dibengkel resmi.

2. Perhatikan kondisi fisik

Kondisi jalanan yang padat menjelang saat Lebaran akan mengurangi konsentrasi berkendara. Oleh karena itu kondisi fisik harus dipersiapkan dengan matang. Peregangan otot sebelum perjalanan, jangan lupa makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin jika perlu. Bawa obat-obatan pribadi dan nomor darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidur yang cukup sebelum perjalanan juga akan membantu menjaga kondisi tubuh dan menghindari kelelahan. Saat berkendara jauh, dianjurkan untuk beristirahat setiap 2 jam untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, jangan memaksakan untuk berkendara tanpa istirahat.

3. Perhatikan muatan kendaraan

Bawa barang secukupnya jika melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor dan berkendara tidak lebih dari dua orang. Kelebihan penumpang menyebabkan sepeda motor lebih sulit untuk dikendarai dan jarak pandang kurang maksimal. Oleh karena itu selalu patuhi peraturan lalu lintas.

4. Siapkan kelengkapan berkendara

Gunakan safety gear yang lengkap, sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket, jas hujan dan sarung tangan. Jangan lupa untuk membawa dokumen berkendara seperti SIM dan STNK dan selalu patuhi aturan lalu lintas.

Program Bengkel dan Pos Jaga

Tips berkendara jarak jauh saat libur Lebaran menggunakan sepeda motor hybrid foto: yamaha

Merayakan Idul Fitri, Yamaha memiliki program bengkel dan pos jaga. Ada 89 bengkel resmi dan 3 pos jaga yang disiagakan untuk memberikan rasa nyaman ke konsumen saat bermobilitas di musim libur Lebaran nanti.

Bengkel resmi dan pos jaga Yamaha tersebar di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan yang akan beroperasi selama periode 6 12 April.

Adapun fasilitas layanan yang disediakan meliputi perawatan dan perbaikan kendaraan, pembelian suku cadang dan apparel, layanan darurat Service Kunjung Yamaha (SKY), serta yang paling penting adalah tempat beristirahat, beribadah serta toilet bagi konsumen.

(brl/red)