Tindakan yang harus dilakukan jika laptop kamu dicuri dan begini cara melacaknya

Tindakan yang harus dilakukan jika laptop kamu dicuri dan begini cara melacaknya

Techno.id - Laptop adalah perangkat yang penting dan mahal. Baik digunakan untuk pekerjaan atau penggunaan pribadi, laptop biasanya menyimpan banyak informasi berharga. Karena itu kamu harus menjaganya agar tidak jatuh ke tangan orang lain yang salah.

Sebab, jika laptop kamu dicuri atau hilang berpotensi data pribadi kamu dapat dimanfaatkan orang lain. Berikut 9 faktor yang perlu dilakukan untuk melindungi laptop kamu.

1. Asuransikan perangkat

Asuransi yang baik harus mencakup pencurian laptop dari rumah atau perlindungan barang-barang pribadi, termasuk pertanggungan saat kamu bepergian.

2. Enkripsi data

Beberapa laptop akan menginstal pengaturan enkripsi data sebagai standar. Periksa pengaturan privasi dan keamanan perangkat untuk mengaktifkannya.

3. Cadangkan laptop secara teratur

Untuk memastikan tidak kehilangan data penting dari laptop, cadangkan secara teratur ke penyimpanan cloud atau perangkat lain, seperti hard drive eksternal.

Tindakan yang harus dilakukan jika laptop kamu dicuri dan begini cara melacaknya foto: freepik

4.Gunakan verifikasi dua langkah

Cara ini memastikan kamu satu-satunya orang yang dapat mengakses akun. Saat diaktifkan, kamu akan diminta untuk memverifikasi identitas melalui kode yang dikirim ke email atau telepon. Cara ini memberi lapisan perlindungan ekstra. Lihat pengaturan keamanan atau kata sandi laptop kamu untuk mengaktifkannya. Ketahui selengkapnya tentang verifikasi dua langkah (2FA).

5. Aktifkan fitur pelacakan laptop

Menggunakan fungsi Lacak yang tersedia di sebagian besar perangkat akan membantu melacak laptop kamu jika dicuri.

6. Catat merek, model, warna, dan nomor seri perangkat

Jika laptop kamu dicuri, informasi ini dapat membantu polisi melacaknya dengan lebih baik.

7. Pilih kata sandi yang kuat

Gunakan kata sandi yang berbeda dan tidak jelas untuk akun penting, dan gunakan pengelola kata sandi untuk menyimpannya dengan aman.

8. Gunakan antivirus yang bagus dan terus perbarui

Pilih perangkat lunak antivirus terbaik untuk melindungi laptop kamu.

9. Tetap ikuti tren penipuan online

Ketahui cara mengenali dan melindungi diri kamu dari penipuan, terutama penipuan situs web palsu dan penipuan email. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan, dan abaikan atau laporkan komunikasi dari sumber yang tidak kamu percayai.

(brl/red)